Malang (21/08/2024) - UM sebagai perguruan tinggi negeri bidang pendidikan memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk melakukan upaya penerapan ilmu pengetahuannya untuk penyelesaian masalah disekitarnya. Kesempatan yang diberikan kepada Mahaasiswa HKn untuk berkolaborasi melalui kegiatan Pengabdian Mahasiswa yang didanai oleh PNBP Universitas Negeri Malang Tahun 2024. Kelompok Mahasiswa memperhatikan permasalahan yang tengah hadir di sekolah yaitu penerapan kurikulum Merdeka yang belum sesuai standar nasional, terutama pada Pendidikan Pancasila.Â
Melalui kegiatan ini yang diketua oleh Dwi Putra yang merupakan Mahasiswa S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan bersama kedua temannya melakukan bimbingan solusi bersama Dr. Sri Untari, M.Si. Fokus mitra pada pengabdian tahun ini yaitu SMA Islam Nusantara.
Gerakan dua arah yang digagas ini, merupakan perbaikan pembelajaran Pendidikan Pancasila dengan melibatkan siswa dan guru. Pada gerakan perbuhan yang pertama, mahasiswa melakukan pendekatan kepada guru Pendidikan Pancasila untuk mengetahui berbagai tantangan yang dihadapi selama menerapkan kurikulum merdeka pada pembelajaran Pendidikan Pancasila.Â
Kedua, siswa melakukan observasi dikelas untuk melihat bagaimana siswa SMA Islam Nusantara melaksankan proses KBM Pendidikan Pancasila. Sehingga, kedua sumber data itu menjadi ide bagi mahasiswa untuk melakukan Pengabdian di SMA Islam Nusantara dengan judul "Optimalisasi Pembelajaran Berdiferensiasi Pendidikan Pancasila melalui Inovasi Media Pembelajaran Customized Animation Video dan Model Pembelajaran Cycle 5E di SMA Islam Nusantara.".Â
kegiatan ini dilanjutkan dengan melakukan kegiatan pembelajaran menggunakan model cycle 5E pada materi ber-Pancasila kelas 12 Fase F. Pada kegiatan ini guru bersama mahasiswa berkolaborasi membentuk atmosfer pembelajaran Pendidikan Pancasila yang sesuai dengan kententuan kurikulum.Â
Selama proses KBM siswa terlihat antusias dengan pemberian kegiatan aktivitas belajar yang memberikan kebebasan kepada siswa untuk menularkan pengetahuannya, mencari berbagai informasi dan menuangkan dalam bentuk pohon nilai-nilai Pancasila dan video penerapan nilai-nilai Pancasila.
Pada akhirnya, harapannya kegiatan ini memberikan manfaat bagi guru dalam mengelola pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila yang menerapkan metode student centered learning. dan guru dapat lebih eksplorasi lagi potensi siswa dalam setiap pembelajaran
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H