Mohon tunggu...
Dodi Irawan
Dodi Irawan Mohon Tunggu... -

Selanjutnya

Tutup

Money

Pemasaran Global

14 November 2018   06:46 Diperbarui: 14 November 2018   08:40 968
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ekonomi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Caruizp

Apa itu pemasaran global ? Pemasaran global adalah pemasaran yang berskala seluas dunia internasional yang terbuka bagi seluruh pelaku usaha. Sehingga peluang pasar selalu terbuka bagi seluruh pelaku usaha, tak terkecuali dipasar ekspor. Jadi bagi peluang usaha bisa sekreatifnya untuk mengembangkan pasarnya, tidak hanya dengan kreatifnya saja tapi mau berinovasi dalam mengembangkan pasar juga dan pembisnis yang tangguh sehingga tidak mudah digoyahkan atau ditenggelamkan oleh pembisnis atau peluang usaha yang lain yang baginya itu suatu tantangan yang semakin berat dalam pemasaran. 

Namun dengan seperti itu menjadi semakin bersemangat dalam mengembangkan pasarnya. Jadi pembisnis yang berskala internasional yang tangguh atau tidak mudah digoyahkan semangatnya oleh perubahan -- perubahan yang ada dalam dunia bisnis justru itu menjadi semangat untuk mengembangkan usahanya semakin lebih berkembang lagi dan semakin maju usahanya. Ada faktor yang mempengaruhi berkembang pesatnya usaha di pasar global yaitu pembisnis mampu menghasilkan produk berkualiatas dengan harga yang murah dengan produk berkualitas dengan harga yang murah itu akan membuat usaha semakin berkembang dengan pesat dan maju. 

Semakin banyaknya orang yang melakukan perjalanan antar negara yang secara langsung menjadi konsumen global dengan itu juga pengusaha menjadi semakin berkembang dan maju dan menjadi lebih mudah untuk mendapatkan konsumen, semakin banyaknya transportasi antar negara yang mempermudah distribusi produk akan menjadi faktor dalam usaha semakin berkembang dengan pesat, perdagangan dunia semakin meningkat seiring dengan meningkatnya permintaan pasar dunia. 

Tujuannya dalam pemasaran global yaitu meningkatkan potensi laba perusahaan, meningkatkan pertumbuhan atau ekspansi, menjaga kelangsungan hidup perusahaan dari ancaman potensial yang berasal dari berbagai penjuru dunia. Untuk manfaatnya dalam pemasaran global yaitu mengambil manfaat dari peluang untuk pertumbuhan dan ekspansi, dan bertahan hidup, bertahan hidup juga menjadi salah satu maanfat dari pemasaran global karena bertahan hidup untuk memenuhi kebutuhan primer masyarakat. 

Jadi manfaat pemasaran global yang didapatkan oleh pengusaha yaitu pengehamatan biaya produksi dalam dunia pemasaran global bisa menghemat biaya produksi seperti keleluasaan pemindahan dari suatu tempat ke tempat lain menjadi lebih hemat biaya sehingga pengeluaran biaya juga menjadi lebih murah, kemudian tingkat kualitas produk semakin baik dan tinggi menjadi maanfaat bagi pengusaha, sehingga sesuai dengan kebutuhan pasar maka kompetitor akan bermunculan dipasar global dengan seperti itu bagi para pengusaha untuk bisa sukses, maju dan lebih unggul dari pengusaha lain maka harus ditingkatkan kualitas produksinya agar bisa terciptanya jumlah peminat, kemudian prefensi bagi konsumen semakin meningkat, peningkatan teknik pemasaran dalam menghadapi kompetitor jadi semakin besar pangsa pasar maka semakin tinggi juga persaiangan di dunia pasar.

Jadi untuk mempertahankan usahanya masing - masing maka harus memiliki teknik pemasaran yang lebih mantap lagi. Contohnya pemasaran global di Indonesia seperti PT. Unilever Indonesia Tbk, perusahaan ini berdiri pada tanggal 05 Desember 1933. PT. Unilever Indonesia Tbk bergerak dalam bidang "Home and Personal Care" dan juga merambah produk makanan serta es krim di Indonesia. Perusahaan ini sudah memproduksikan berbagai produk yang tidak hanya terkenal di Indonesia saja melainkan juga di tingkat dunia seperti Pepsodent, Pond's, Lux, Lifebuoy, Dove, Sunslik, Rexonna, Rinso, Clear, Vaseline, Motto, Sunlight, Walls, Blue Band, Royco, Bango, dll. Salah satu taktik pemasaran globalnya ada dengan beriklan di TV lokal dan TV nasional secara masif dan intens.

Jadi pemasaran global dapat dilakukan siapa saja bagi para pengusaha yang tangguh, tidak dapat digoyahkan atau ditenggalamkan oleh pesaingnya dengan seperti itu menjadi semangat dalam mengembangkan dunia pemasarannya menjadi semakin meningkat dan maju.

Sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Pemasaran_global

https://pengertianmenurutparaahli.org/pengertian-pemasaran-global-dan-contohnya/

Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI

Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun