Pandemi covid-19 yang muncul di Indonesia pada awal tahun 2020 membawa dampak bagi berbagai aspek kehidupan, tak terkecuali di bidang pendidikan. Di bidang pendidikan, adanya pemberlakuan kebijakan belajar dari rumah atau pembelajaran secara daring guna menekan potensi kontak fisik antara siswa maupun guru.
Dengan adanya pembelajaran daring ini pun menjadi tantangan tersendiri bagi guru, yang mana guru harus memberikan pembelajaran yang tetap berjalan dengan aktif, kreatif dan produktif selama pembelajaran daring berlangsung. Salah satu cara efektif bagi guru adalah dengan membuat media pembelajaran yang interaktif, sehingga siswa tidak bosan dan tetap produktif meskipun pembelajaran dilakukan secara daring.
Dilansir dari fkip.bunghatta.ac.id, Amri Saleh, M.Pd., Gr, yang merupakan alumni PGSD Universitas Bung Hatta menyebutkan bahwa dalam membuat media pembelajaran, maka guru perlu memperhatikan beberapa hal berikut, diantaranya : memilih media pembelajaran yang cocok dengan kondisi dan situasi sekolah, memilih media pembelajaran yang sesuai dengan kemampuannya, mengetahui urgensi media pembelajaran yang akan dipilih serta bertanya kepada yang lebih berpengalaman tentang media pembelajaran yang hendak dipilih.
Salah satu media pembelajaran yang relatif paling cocok diterapkan saat pembelajaran daring yaitu media pembelajaran audio visual, yaitu video pembelajaran. Sebelum membuat video pembelajaran, maka perlu memperhatikan beberapa hal, sebagai berikut :
- Konsep
Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah konsep video pembelajaran. Apakah video yang akan dibuat menampilkan video saja atau juga dengan narasi, apakah hanya berupa gambar bergerak saja atau juga dengan menampilkan materi, dsb.
- Materi
Hal penting yang perlu diperhatikan selanjutnya yaitu materi. Materi dalam video pembelajaran haruslah sesuai dengan KI, KD serta tujuan pembelajaran dalam RPP/silabus yang telah dibuat. Selain itu, materi haruslah mudah dipahami oleh siswa serta guru haruslah membuat skrip narasi agar penjelasan materi berjalan sistematis.
- Proses Pembuatan
Di tahap ini, guru membuat video sesuai dengan konsep dan skrip materi yang telah ditentukan. Selain itu, guru juga perlu memperhatikan kamera, pencahayaan, suara serta perlengkapan lain yang dibutuhkan.
- Proses Pengeditan