Mohon tunggu...
Djuztika Rahma Maharani
Djuztika Rahma Maharani Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

growing up with better version of yourself

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Upaya Pemberdayaan UMKM Mahasiswa KKN UISI Kelompok 29 Tahun 2023

12 Maret 2023   18:16 Diperbarui: 12 Maret 2023   18:17 219
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Foto bersama setelah Sosialisasi Digitalisasi Marketing

Bantu tingkatkan daya mutu dan daya saing Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM), Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Universitas Internasional Semen Indonesia Kelompok 29 adakan kegiatan pendampingan bagi UMKM di Desa Sidomukti, Kecamatan Bungah, Kabupaten Gresik melalui Digitalisasi Marketing dan Re-Branding Produk.Berdasarkan survey oleh mahasiswa KKN UISI, terdapat beberapa pelaku UMKM di Desa Sidomukti yang memiliki kendala dalam menjalankan usahanya. Permasalahan yang dihadapi yakni pemasaran produk yang kurang optimal, tidak adanya label atau branding produk dalam packaging, dan target pasar belum meluas. Hal tersebut terjadi karena kurangnya pengetahuan dan adaptasi terhadap IPTEK (Ilmu Pengetahuan dan Teknologi) di kalangan para pelaku UMKM di Desa Sidomukti, Kecamatan Bungah, Kabupaten Gresik.

Sosialisasi Digitalisasi Marketing oleh Pemateri dari Dinas Kominfo Gresik
Sosialisasi Digitalisasi Marketing oleh Pemateri dari Dinas Kominfo Gresik

Dari permasalahan tersebut, Mahasiswa KKN UISI Kelompok 29 menjalankan sebuah program kerja yang berfokus pada UMKM yaitu kegiatan pendampingan melalui Digitalisasi Marketing dan Re-Branding Produk dengan menyasar para pelaku UMKM di Desa Sidomukti. Kegiatan sosialisasi Digitalisasi Marketing tersebut berlangsung pada Kamis, 23 Februari 2023 di Balai Desa Sidomukti oleh Pemateri dari Dinas Kominfo Gresik yaitu Bapak Sony Caturiyanto. Dari hal tersebut, diharapkan bisa membantu memberikan insight baru kepada pelaku UMKM mengenai Strategi Digitalisasi Marketing. Selanjutnya, upaya terkait Re-Branding Produk kami lakukan dengan sistem Door to Door (rumah ke rumah) setelah dilakukan pemetaan kebutuhan UMKM. Masyarakat merasa terbantu dalam upaya me-rebranding produk mereka dan memberikan feedback positif dalam meningkatkan minat daya beli suatu produk yang dipasarkan. Ungkap salah satu pelaku UMKM "Terimakasih ya, setelah saya sebarkan desain logo dari kalian, saya merasa terbantu dan senang karena makin banyak peminat".

Diharapkan hasil dari upaya peningkatan mutu dan daya saing UMKM di Desa Sidomukti oleh Mahasiswa KKN UISI kelompok 29 ini bisa memberikan insight yang lebih luas dan bisa membuka pemikiran pelaku UMKM bahwa pemasaran produk itu sangat penting untuk menjalankan usaha mereka. Kami juga berharap bahwa upaya ini akan terus berlanjut karena kami juga masih berhubungan dengan para pelaku UMKM Desa Sidomukti melalui whatsapp group, sehingga para pelaku UMKM bisa meminta bantuan kami mengenai kendala yang dirasakan dalam usaha mereka. Beberapa feedback dari warga Pelaku UMKM : "Terima kasih mbak, mas, semoga kita bisa tetap menjaga silaturahmi." "Terima kasih mbak, kemarin sudah diantarkan logonya ini sudah langsung saya pasang." "Desain bannernya sesuai dengan permintaaan saya, terima kasih ya."

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun