Mohon tunggu...
Djulianto Susantio
Djulianto Susantio Mohon Tunggu... Freelancer - Arkeolog mandiri, senang menulis arkeologi, museum, sejarah, astrologi, palmistri, olahraga, numismatik, dan filateli.

Arkeotainmen, museotainmen, astrotainmen, dan sportainmen. Memiliki blog pribadi https://hurahura.wordpress.com (tentang arkeologi) dan https://museumku.wordpress.com (tentang museum)

Selanjutnya

Tutup

Hobby Pilihan

Tulisan di Kompasiana Bisa Tayang di Kompas.com dan Kompas.tv

10 April 2024   06:43 Diperbarui: 10 April 2024   06:48 113
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Beberapa tulisan saya di kompasiana yang tayang di kompas.com dan kompas.tv (Sumber: tangkapan layar)

Menulis adalah bekerja dalam kesunyian. Juga bekerja untuk keabadian. Tulisan, terutama yang sudah dipublikasikan, mampu bertahan hingga bertahun-tahun. Karena sudah menjadi domain publik, maka tulisan kita bisa menjadi referensi buat penulis lain.

Saya melihat banyak tulisan saya di Kompasiana dijadikan referensi, baik untuk jurnal, majalah, buletin maupun untuk media daring. Bahkan banyak laman dan blog melakukan copy paste terhadap tulisan itu, tentu dengan menyebutkan sumbernya. Silakan saja kalau pemikiran atau pengetahuan yang saya sebarkan itu dianggap baik.

Sekitar dua tahun lalu, KG Media Network menawarkan kerja sama. Manajemen akan melakukan kurasi terhadap tulisan-tulisan saya. Tulisan yang terpilih akan ditayangkan kembali di media milik KG Media Network. Tentu saja akan mendapatkan reward. Bayangkan apabila kita mendapat reward juga dari Kompasiana. Program itu disebut Infinite, artinya konten di Kompasiana akan ditayangkan pada platfom lain di KG Media Network.

Selama ini sudah lebih dari 10 tulisan saya tayang di kompas.com dan kompas.tv.  Lumayanlah, masyarakat bisa baca sambil memilih, dari kompasiana.com, kompas.com, atau kompas.tv.

Perlu diketahui, tulisan-tulisan saya umumnya bersifat keilmuan, khususnya tentang arkeologi dan numismatik. Tulisan-tulisan demikian memang masih jarang. Tidak heran, masyarakat banyak mengacu kepada saya. Blog saya tentang arkeologi dan numismatik pun banyak dikunjungi masyarakat.

Info tentang reward tambahan (Sumber: tangkapan layar)
Info tentang reward tambahan (Sumber: tangkapan layar)

Buat saya menulis menjadi hobi utama. Selain untuk terapi kesehatan, juga untuk menyebarkan pengetahuan kepada masyarakat. Banyak orang sering bertanya sampai kapan saya menulis. Ya sampai saya tidak mampu menulis lagi.

Sebenarnya semakin banyak menulis, tentu saja ditambah membaca, kita akan mendapatkan semakin banyak ide. Sayang selama ini waktu saya banyak tersita untuk menjadi MC. Bukan sembarang MC tetapi Momong Cucu. Maklum orang tua si kecil setiap Senin sampai Jumat harus mencari nafkah. Waktu luang saya yang cukup banyak hanya pada Sabtu, Minggu, dan warna merah pada kalender. Karena harus jagain si kecil, tentu saja waktu untuk menulis semakin berkurang. Hanya di sela-sela si kecil tidur saya bisa nulis.

Jika ditotal, saya termasuk paling banyak nulis di grup Kompas. Di koran Kompas saya menulis sejak 2000-an. Di kompas.id saya menulis sejak beberapa tahun lalu. Selanjutnya di kompasiana.com, kompas.com, dan kompas.tv. Maka menulislah sebelum menulis itu dilarang, itu prinsip saya. Menulis  Ceria dan Menulis Cerdas, itu yang perlu dilakukan.***

Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun