Mohon tunggu...
Djulianto Susantio
Djulianto Susantio Mohon Tunggu... Freelancer - Arkeolog mandiri, senang menulis arkeologi, museum, sejarah, astrologi, palmistri, olahraga, numismatik, dan filateli.

Arkeotainmen, museotainmen, astrotainmen, dan sportainmen. Memiliki blog pribadi https://hurahura.wordpress.com (tentang arkeologi) dan https://museumku.wordpress.com (tentang museum)

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Hingga 1980-an Toko Buku Gunung Agung Terbesar dan Terlengkap di Jakarta

12 Mei 2022   07:14 Diperbarui: 12 Mei 2022   16:51 1673
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Toko buku Gunung Agung 1950-an (kiri/sumber: id.wikipedia.org) dan masa 1978 (kanan/sumber: reddit.com)

Ketika sedang beberes buku-buku lama milik tante saya, saya menemukan sebuah bon pembelian buku berikut buku dan sampulnya. Rupanya buku itu dibeli tante saya pada 1962 di Jalan Gunung Sahari.

Tante saya memang pernah menjadi guru di sebuah sekolah di sekitar situ. Saya baru tahu kalau Gunung Agung mempunyai cabang di Jalan Gunung Sahari. Saya hanya tahu Gunung Agung berlokasi di Jalan Kwitang 6, tidak jauh dari perempatan Senen sekarang.

Pada 1970-an saya sering membeli buku di Gunung Agung. Ketika itu rumah saya di Jatinegara. Biasanya saya naik oplet ke sana. Waktu itu saya masih duduk di Sekolah Dasar.

Menjelang tahun ajaran baru, Gunung Agung sangat ramai. Maklum toko buku di Jakarta masih sedikit. Seingat saya, hingga 1980-an Gunung Agung merupakan toko buku terbesar dan terlengkap di Jakarta. 

Bon pembelian di Gunung Agung bertanggal 1962 (Dokpri)
Bon pembelian di Gunung Agung bertanggal 1962 (Dokpri)

Bon pembelian

Belanja buku zaman dulu, beda sekali dengan zaman sekarang. Sekarang kita cuma pilih buku lalu bawa ke kasir.

Dulu kita memilih buku lalu membawa ke petugas. Lalu petugas mencatat dalam bon pembelian. Bon pembelian dibuat rangkap tiga memakai karbon. Kertas carbonless belum dikenal kala itu.

Kita sebagai pembeli mendapat bon asli. Selanjutnya kita membayar di kasir. Langkah terakhir adalah membawa bukti pembayaran ke tempat pengambilan barang. Dapat deh buku-buku yang kita pilih tadi.

Buku-buku itu dibungkus dengan kertas berlogo Gunung Agung. Jadi bukan kertas kosong. Maka ciri khas Gunung Agung selalu teringat. Kertas pembungkus buku, bisa kita gunakan untuk menyampul buku. Lumayan kan?

Kertas pembungkus pembelian buku yang bisa dimanfaatkan menjadi sampul buku (Dokpri)
Kertas pembungkus pembelian buku yang bisa dimanfaatkan menjadi sampul buku (Dokpri)

Kantong kresek

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun