Siapa yang membuat relief dan patung di Gedung Sarinah, belum diketahui pasti. Saat ini masih berupa dugaan saja. Kemungkinan relief dan patung itu dibuat oleh kelompok seniman Yogyakarta, dengan lokomotifnya Edhi Sunarso. Masa pembuatannya ditaksir 1964-1966. Gedung Sarinah sendiri sebagai Toserba (Toko Serba Ada) diresmikan pada 1962 menjelang Asian Games ke-4.
Edhi Sunarso memang dikenal dekat dengan Presiden Sukarno. Berbagai patung dan monumen di Jakarta pernah ditangani beliau. Sejauh ini dokumen tentang pembuatan relief dan patung belum ditemukan. Mungkin sudah hilang karena rezim Orde Lama masa Sukarno digantikan rezim Orde Baru.
Adanya relief dan patung masa Presiden Sukarno terungkap ketika 21 Desember 2020 lalu Direktorat Pengembangan dan Pemanfaatan Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, menyelenggarakan diskusi. Bahkan semakin terekspos ketika Menteri BUMN Erick Thohir berkunjung ke sana pada awal Januari 2021.
Sejak tahun lalu Gedung Sarinah tengah direnovasi. Rencananya nanti relief dan patung akan ditempatkan di ruang publik agar para pengunjung bisa menikmati hasil karya seniman masa lalu Indonesia. Selama bertahun-tahun tinggalan masa Sukarno itu tertutup berbagai gerai yang disewakan pihak Sarinah. Sebelum renovasi, relief dan patung berada dalam ruang mekanikal yang kumuh.
Lihat tulisan [Di Dalam Gedung Sarinah Terdapat Relief dan Patung yang Belum Diketahui Masyarakat] pada Kompasiana 21 Desember 2020.
Sudah layak relief dan patung tersebut masuk kategori cagar budaya. Namun sejauh ini masih terkendala dokumen asli tinggalan tersebut. Benarkah karya Edhi Sunarso? Kalau benar tentu lebih mudah melacaknya.
Untuk melacak tinggalan tersebut, sebaiknya tim menurunkan beberapa pakar sejarah kesenian dan pakar ikonografi. Masa 1980-an saya pernah mengikuti mata kuliah Ikonografi Hindu dan Ikonografi Buddha pada Jurusan Arkeologi UI.
Ikonografi mempelajari ciri-ciri tertentu pada arca kuno. Â Berabad-abad lampau, di Nusantara ditemukan banyak arca dewa dan perwujudannya. Analisis ikonografi mengidentifikasi sebuah arca berdasarkan atribut, seperti hiasan badan yang dikenakan, senjata yang dipegang, perhiasan yang dipakai, sikap telapak tangan, sikap duduk, dan bentuk/jumlah anggota badan.
Arca Ganesha, misalnya, mudah dikenali karena bermuka gajah dan berbadan manusia. Lalu bagaimana kalau ditemukan sebuah arca berujud laki-laki tua berjanggut dan perut yang besar? Seorang pakar ikonografi segera tahu bahwa itu adalah Arca Agastya.