Sebelum ini saya pernah menulis tentang ilmu grafologi. Nah tulisan ini merupakan lanjutan tulisan terdahulu. Semoga bermanfaat.
Baik disadari maupun tidak disadari, sering kali dijumpai tulisan tangan dan bahkan tanda tangan yang tidak sama persis sehingga mengesankan tulisan tangan dan tanda tangan itu palsu. Hal demikian merupakan sesuatu yang wajar. Kalau garis tangan bisa berubah-ubah karena perkembangan kehidupan (misalnya banyak beramal atau berbuat kebaikan), tulisan tangan bisa berubah-ubah karena kondisi psikologis seseorang. Misalnya faktor kesehatan (baik atau buruk), cuaca (panas atau dingin), fisik (senang atau sedih), siklus tubuh (fit atau lelah), dan suhu udara (ruangan pengap atau ber-AC).
Untuk melihat tulisan tangan seseorang, ada beberapa hal pokok yang menjadi patokan pakar grafologi. Hal ini sangat tergantung dari masalah yang dihadapi si klien. Umumnya analisis yang lengkap meliputi zona, marjin, kemiringan, tekanan, dan ketebalan tulisan. Biasanya terapi menulis itu dilakukan pada kertas kosong tanpa garis dan banyaknya tulisan yang harus ditulis si klien sekitar 8-10 baris.
Informasi pertama dilihat dari zona tulisan. Zona tulisan sendiri  terbagi tiga, yakni zona atas (misalnya huruf h, k, dan l), zona tengah (misalnya m, n, o, dan s), dan zona bawah (misalnya g, j, p, dan y). Zona atas memperlihatkan aspirasi spiritual, impian, harapan, dan ambisi. Zona tengah mengungkapkan sikap praktis terhadap peristiwa sehari-hari, teman, keluarga, dan rumah. Zona bawah mengemukakan sikap dan respon emosional terhadap aspek fisik kehidupan, termasuk seks.
Setelah itu dilihat marjin tulisan. Secara umum marjin tulisan menginformasikan seberapa jauh kualitas pendidikan dan sosial yang dimiliki seseorang. Dalam hal ini dicermati lebar atau sempitnya marjin atas, bawah, kanan, dan kiri. Di tangan pakar grafologi tentu saja setiap marjin memiliki arti yang berbeda.
Kemiringan tulisan merupakan hal lain yang diamati. Pada dasarnya kemiringan terbagi atas beberapa bagian, seperti ke kanan, ke kiri, tegak, dan bervariasi. Hal ini pun mempunyai arti tersendiri. Tekanan dan ketebalan tulisan, misalnya tekanan berat, ringan, menengah, dan amat ringan, sering kali menjadi bahan pertimbangan berikutnya.
Begitu pula ukuran tulisan. Orang dengan tulisan besar, umpamanya, dikatakan bersifat ekspansif, senang menjadi pusat perhatian, dan memerlukan kehidupan sosial yang aktif untuk bisa bahagia. Orang dengan tulisan menengah adalah orang yang logis dan dapat beradaptasi. Sementara tulisan yang kecil menunjukkan orang yang terpelajar, termasuk para ilmuwan dan peneliti.
Dari begitu banyak huruf, yang paling menarik perhatian pakar grafologi adalah detil huruf i dan t, seperti lokasi titik pada huruf i atau panjang pendeknya guratan pada huruf t. Begitu juga ada atau tidaknya loop (semacam bolongan) pada huruf b, d, f, Â g, j, k, dan l.
Hal lain yang menjadi bahan analisis adalah tanda tangan, apakah nyata, mengandung gambar, tidak terbaca, terbaca sebagian, ataukah sekadar cakar ayam. Analisis yang lengkap meliputi juga bentuk dan ukuran setiap huruf, cepat atau lambatnya seseorang dalam menulis, rapi atau tidaknya tulisan, warna pena yang biasa digunakan, dan cara penulisan angka (Misteri Masa Depan Anda, 1993; Misteri Tubuh Anda, 1995; Misteri Tulisan Tangan, 1996).
Penggunaan Grafologi