Mohon tunggu...
Diyah Ajeng
Diyah Ajeng Mohon Tunggu... Mahasiswa - pelajar

firmanmny

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Life As an Overseas Student in Surabaya

7 April 2024   22:53 Diperbarui: 7 April 2024   22:55 50
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Hello, nama ku Diyah Ajeng Kusumawardani dari Tulungagung yang sekarang menjadi bagian dari kota pahlawan yaitu kota Surabaya. Dan ini adalah cerita  kehidupan ku sebagai mahasiswa perantauan di Surabaya.

Aku kuliah di salah satu universitas swasta yang menpunyai rumah sakit di setiap kampusnya. FYI, aju kebagian kampus yang di Jemursari karena prodi ku ditempatkan disana. 

Aku sebenernya sering ke Surabaya dari kecil karena banyak saudara yang tinggal disana, tapi ini berbeda karena sekarang aku di Surabaya sendiri ngekos dan tidak tinggal bersama saudara yang ada di Surabaya. 

Kehidupan anak rantauan agak sulit dari yang aku bayangkan. Contohnya kayak pas aku sakit, engga ada yang ngerawat, makan masak sendiri, sakit ya ngurus diri sendiri, ke rs sendiri dan masih banyak kesulitan lain nya. Tapi aku belajar  kalau aku harus bisa apa apa sendiri ga ngandelin orang lain, aku juga belajar buat nge hemat uang, belajar untuk harus selalu kuat dllnya.

Surabaya banyak enak nya dan banyak juga ga enak nya. Surabaya itu seru banget tapi tang bikin ga kuat itu panas matahari nya, berada ada 4 di atas kepala langsung, bener bener panas banget emang. Apalagi kalau jam pulang kerja, astaga macetnya ga ketolong ampun deh. Tapi vibes Surabaya bener bener nyaman banget buat aku apalagi pas malem jalan jalan ke jalan Tunjungan sumpah itu hal yang paling aku suka dari Surabaya. 

Tapi kadang hidup di Surabaya itu boros, karena biaya yang lumayan untuk makan keseharian nya. Tapi tergantung kita nya sendiri untuk mengelola uang sih, kalau tiap hari beli ya bakalan boncis si kalau kata aku soalnya umr di Surabaya sendiri terbilang lumayan untuk anak rantauan. Jadi emang harus pinter pinter ngelola uang aja si.

Hal yang paling nyebelin hidup di Surabaya ketika di jalan raya, ketika banyak orang yang ga bisa menaati perintah lalu lintas. Yang motong halan lah, yang lampu merah tetep diterobos lah dan masih banyak lagi. 

Kalau dibilang betah sih aku betah aja di Surabaya, karena jujur temen kuliah ku pada baik baik banget orang nya. Pas itu aku sempet kecelakaan di Surabaya karena ditabrak sama orang ga jelas tang gamau di salahin, padahal bener bener dia yang salah tapi gamau salah. Nah dari kejadian itu kaki ku sampai di jahit karena ada luka sobekan tang lumayan dalem kata dokternya, posisi kan aku ngekos jadi agak susah buat jalan dllnya. Akhirnya salah satu temen ku yang deket sama aku nyuruh aku buat tinggal di rumah nya sampai kaki ku sembuh bener bener baik banget sumpah dia sama keluarga ny aku sampai binggung sendiri mau bales kebaikan nya kaya gimana. Karena emang bener bener ya allah gimana ya, sampai mikir kalau ga ada dia aku gimana lagi dengan keadaan kaki yang susah buat jalan. Sampai makan pun aku ngikut sama dia tidur sama dia, pokoknya sama dia terus (pas tinggal dirumah nya gara gara kaki di jahit)

Banyak banget kenangan di Surabaya walaupun masi belum lama tinggal disana. Sebenernya masih banyak lagu cerita tentang Surabaya tapi gapapa segini aja dulu yaa. Sekian terimakasig udah mau baca secuil kehidupan mahasiswa perantauan di Surabaya ini. Love you all

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun