Backlink atau Tautan balik adalah salah satu teknik SEO paling populer. Sangat penting dan harus dipahami pada saat proses link building untuk mengetahui jenis-jenis backlink. Karena jenis backlink pbn sangat mempengaruhi kualitas backlink yang akan didapat nantinya. Backlink jenis ini terbagi menjadi dua bagian yaitu backlink Dofollow dan Nofollow. Sekarang saya akan mencoba menjelaskan keduanya,tanpa basa-basi lagi langsung saja ke materinya.....
Backlink Dofollow
Backlink Dofollow berasal dari kata bahasa Inggris yang terdiri dari kata “do” dan “follow” yang artinya “ikuti”. Jika dalam artikel tersebut terdapat link ke halaman lain dengan backlink Dofollow, maka website penyedia backlink Dofollow akan langsung mengikuti link tersebut ke asal. Jadi ketika Google merayapi (crawl) postingan dengan backlink Dofollow. Jadi, mesin pencari otomatis juga akan meng-crawl link-link tersebut, karena jenis backlink Dofollow akan meng-crawlnya pada sumbernya, termasuk link Dofollow yang terdapat pada artikel tersebut. Karena alasan inilah backlink Dofollow sangat sering digunakan oleh blogger dan situs berita. Hal ini untuk meningkatkan posisi website mereka di bagian atas hasil pencarian.
Manfaat backlink Dofollow
1. Merupakan Direktori dan Sumber Backlink Jangka Panjang
Internet merupakan sumber data yang sangat besar yang akan terus berkembang dan akan selalu digunakan sebagai sumber informasi. Jika Anda mendapatkan backlink berkualitas tinggi, membuat situs web dan direktori sumber daya yang memiliki reputasi baik dapat membantu meningkatkan lalu lintas ke situs Anda.
2. Dapatkan Traffic Rujukan
Karena backlink Dofollow adalah defaultnya, mereka dapat mengarahkan lalu lintas ke situs web Anda lebih cepat dan mudah
3. Mempercepat Proses Pengindeksan
Selanjutnya, backlink Dofollow merupakan backlink yang paling cepat terindeks Google karena hal ini merupakan hal yang “wajib dilakukan” Google untuk meningkatkan peringkat website Anda di halaman pertama mesin pencari.
4. Meningkatkan Keandalan Situs Web
Ketika seseorang membaca konten blog Anda dan melihat backlink yang menyebutkan sumber atau pembuatnya, kemungkinan besar mereka akan mengklik backlink tersebut untuk mengetahui lebih jauh tentang siapa dan apa backlink tersebut. Tentu saja hal ini akan meningkatkan link antar situs dengan kualitas yang lebih baik.
5. Bangun Otoritas Blog
Mendapatkan backlink Dofollow dari situs populer sangat bagus untuk SEO. Namun, hal ini juga perlu diimbangi dengan kualitas konten website Anda. Ini juga membantu menjadikan situs web Anda sebagai sumber informasi dan dapat mengarahkan situs web ke konten Anda, memberi Anda tautan balik Dofollow alami yang disukai Google. Tautan balik tanpa pelacakan. Meskipun backlink Nofollow mengandung kata “No” dan “follow” berarti “jangan ikuti”, namun secara bahasa yang kami pahami adalah ketika sebuah artikel mengandung backlink Nofollow, maka ketika dirayapi, link tersebut Nofollow tidak akan terindeks. mesin. Namun bukan berarti backlink Nofollow tidak bagus untuk website karena backlink Nofollow sangat efektif untuk menyeimbangkan backlink Dofollow. Jika terlalu banyak backlink DoFollow di sebuah website, Google mungkin menganggapnya sebagai spam dan membuat situs Anda kalah bersaing dengan mesin pencari.
Manfaat Backlink Nofollow
1. Kurangi Spam di Blog
Dengan backlink Nofollow, internet akan terlindungi dari banyaknya spam yang dapat menurunkan kualitas blog. Beberapa backlink Nofollow yang sering kita gunakan untuk tujuan seperti:
- Tautan komentar
- Tautan ke situs web yang tidak tepercaya
- Tautan ulasan
- Tautan afiliasi
- Buat backlink alami
Perlu Anda ketahui bahwa backlink natural akan menjadi nilai plus dalam proses pengembangan website Anda di halaman mesin pencari karena Google lebih mengutamakan pencarian manual dibandingkan backlink Dofollow.
2. Meningkatkan Kekuatan merek
Ketika seseorang membaca konten blog Anda, Anda dapat dengan cepat mengidentifikasi backlink yang muncul di konten tersebut. Ketika pengunjung melihat nama merek Anda dikaitkan dengan konten salah satu situs web besar, hal itu tentu saja memperkuat merek Anda. Meskipun tujuan utama backlink adalah untuk meningkatkan posisi pencarian organik blog, hal itu tidak menjadikannya satu-satunya faktor yang dapat kita manfaatkan. Karena backlink juga memegang peranan yang sangat penting dalam pengembangan brand.
Baiklah jadi itulah pengertian backlink Dofollow dan Nofollow, semoga bermanfaat bagi anda yang membaca, terima kasih....
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H