Mohon tunggu...
Divia Ayu Prihatina
Divia Ayu Prihatina Mohon Tunggu... Tutor - Mahasiswa Pendidikan Sosiologi FIS UNJ

Education is Investation

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Potensi dan Kreativitas Generasi Muda sebagai Agent of Change dalam Dunia Ekonomi Kreatif di Media Sosial

10 Desember 2021   01:31 Diperbarui: 10 Desember 2021   01:39 1379
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Eksistensi media sosial sangat erat kaitannya dengan kehidupan pemuda saat ini. Hal itu terlihat dari banyaknya prestasi maupun karya generasi muda yang sudah malang melintang di media sosial. Bahkan tidak sedikit dari hasil pemikirannya yang out of the box dan kreativitas yang tinggi itu, para generasi muda mampu membawa nama Indonesia ke kancah internasional.

Lebih jauh lagi, generasi muda yang memiliki jiwa kewirausahaan pun sudah banyak yang memanfaatkan media sosial sebagai wadah penyaluran ide-ide kreatif dan inovatifnya. Hal ini sekaligus dapat mendorong perekonomian negara ke arah yang lebih baik lagi melalui dunia ekonomi kreatif. 

Sebagai agent of change, pemuda memiliki peran untuk menjadi faktor terpenting dari kemajuan suatu bangsa. Oleh karena itu, peran generasi muda sangat dibutuhkan dalam kemajuan ekonomi kreatif terlebih di era revolusi industri 4.0 sekarang ini.

Generasi muda adalah mereka yang sudah memasuki usia produktif. Pada usia produktif, generasi muda berperan penting dalam keberlangsungan hidup berbangsa dan bernegara. Sehingga generasi muda saat ini diharapkan dapat menjalankan perannya untuk melakukan perubahan.

Sebagai agent of change (agen perubahan) generasi muda sudah seharusnya tidak berpikir hanya pada satu arah (linear), melainkan harus berpikir dari segala arah (sirkular). Dengan demikian, generasi muda dapat dikatakan sebagai agent of change yang sesungguhnya.

Generasi muda dikenal sebagai kelompok masyarakat yang paling dekat dengan teknologi digital. Sehingga tak heran jika mereka memiliki potensi dan daya kreativitas yang lebih tinggi, akses informasi pun lebih mudah mereka dapatkan, pandangannya yang inklusif, rasa percaya diri yang lebih besar, serta memiliki relasi yang lebih luas.

Salah satu bentuk kemajuan teknologi yang paling dekat dengan generasi muda di era digital ini adalah media sosial. Kebutuhan akan media sosial tentu dirasakan manfaatnya oleh berbagai kalangan. Melihat fenomena saat ini, pada umumnya media sosial banyak digunakan oleh generasi muda. 

Mereka menggunakan media sosial sebagai peluang untuk berbisnis atau berbagi informasi yang ingin mereka berikan dan mencari informasi yang mereka butuhkan.

Peran generasi muda dalam pembangunan negara melalui perkembangan ekonomi kreatif dengan pemanfaatan media sosial telah banyak dilakukan. Contohnya pemanfaatan media dalam mempromosikan startup. Startup merupakan kegiatan berbisnis yang menggunakan media sosial sebagai wadah untuk mempromosikan suatu barang atau jasa. 

Dalam hal ini media mendatangkan keuntungan bagi perusahaan startup karena setiap informasi yang mereka sebarluaskan akan mudah diterima oleh konsumen yang mencari barang atau jasa yang telah disediakan startup tersebut.

Selain itu, media sosial juga memberikan wadah bagi generasi muda untuk terus mengembangkan potensi dan kreativitasnya. Bukan saja berperan sebagai pelaku usaha, tetapi generasi muda saati ini sudah banyaknya yang bisa membantu mengembangkan usaha kecil mereka. Jika dilihat lebih mendalam, generasi muda di media sosial memiliki perannya masing-masing. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun