Mohon tunggu...
Divasya Permata Vindra
Divasya Permata Vindra Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Diponegoro

Menulis untuk mengarungi dunia

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Anak-anak SDN 1 Genukharjo Antusias Terima Program Edukasi Berbasis Interaktif Bahasa Inggris dari Mahasiswa KKN Undip

4 Februari 2025   13:41 Diperbarui: 4 Februari 2025   11:52 30
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Foto Bersama Siswa Kelas 5 SDN 1 Genukharjo (Sumber: Dokumentasi Pribadi, 2025)

Memasuki minggu ke-3, pelaksanaan program kerja oleh mahasiswa Sastra Inggris Divasya Permata Vindra dari tim KKN Undip telah dilaksanakan. Bertujuan untuk meningkatkan minat anak-anak desa Genukharjo terhadap Bahasa Inggris, program kerja ini digagas dengan membawa tema FUN English, mengajak siswa-siswi SDN 1 Genukharjo untuk belajar berbahasa Inggris dengan cara yang lebih menyenangkan dengan mengadaptasi sistem pembelajaran interaktif. Anak-anak yang diajarkan termasuk dari anak kelas 4 hingga kelas 6,

Program Inovatif untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris

Program edukasi ini tidak hanya berfokus pada aspek teoritis, tetapi juga menekankan pendekatan learning by doing. Divasya merancang berbagai aktivitas menarik, seperti permainan kosakata (vocabulary games), lagu-lagu edukatif dalam Bahasa Inggris, serta role-playing sederhana yang membuat siswa terlibat aktif.

Dengan mengedepankan pembelajaran interaktif, tujuan dilaksanakan program ini yaitu untuk memaparkan Bahasa Inggris dengan cara yang menyenangkan tanpa merasa terbebani

Metode Interaktif: Menggabungkan Edukasi dan Hiburan

Dalam pelaksanaannya, Divasya menggunakan media pendukung seperti flashcard bergambar, poster interaktif, hingga video animasi sederhana. Salah satu sesi yang paling menarik perhatian adalah "English Fun Games", di mana siswa diajak bermain sambil mengasah kemampuan mendengar (listening) dan berbicara (speaking).

Beberapa permainan yang digunakan, seperti “Word Matching” dan “Simon Says”, terbukti efektif membuat siswa tetap fokus dan antusias. Tidak hanya meningkatkan pemahaman kosakata, permainan ini juga melatih kemampuan mendengarkan dengan baik serta merespons instruksi dalam Bahasa Inggris.

Dampak Positif Bagi Anak-Anak dan Lingkungan Sekolah

Program ini memberikan dampak positif tidak hanya bagi siswa, tetapi juga bagi para guru. Guru-guru mendapatkan inspirasi untuk menerapkan metode pembelajaran interaktif dalam kegiatan belajar mengajar sehari-hari. Selain itu, program ini juga mendorong siswa untuk lebih berani menggunakan Bahasa Inggris dalam kehidupan sehari-hari, meskipun masih dalam konteks sederhana.

Kepala Sekolah SDN 1 Genukharjo, Ibu Adriana, S.Pd. ikut serta antusias terhadap program ini sangat relevan dengan kebutuhan saat ini, ia berujar, "Kami berharap kegiatan ini bisa menjadi inspirasi untuk mengembangkan metode pembelajaran Bahasa Inggris yang lebih kreatif di sekolah. Semoga kegiatan serupa bisa terus dilakukan di masa mendatang."

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun