Pada tanggal 28 Oktober 2022, mahasiswa Unisa dengan UMKM kembali belajar di Rumah BUMN Yogyakarta bersama Kak Bondan Satria. Dalam pertemuan terakhir ini, kami mempelajari dan mempraktekkan bagaimana caranya membuat konten menarik untuk instagramÂ
Strategi branding untuk online shop dan UMKM ada beberapa, diantaranya adalah dengan membuat beberapa konten yang tidak selalu promosi setiap hari. Beberapa contoh konten yang bisa diposting adalah quotes, tips, testimoni, giveaway, carousel (edukasi), dll.Â
Tujuan yang diraih adalah efek emosi, temperatur marker, dan persona. Untuk meraih itu, kita perlu mengetahui tools (alat) yang dapat digunakan dalam aplikasi Canva. Yaitu visual hierarchy; ukuran, jarak, komposisi, jenis huruf (font), warna dan kontras.
Selain itu, Kak Bondan juga menjelaskan mengenai F patterns, yaitu sebuah strategi untuk membuat konten yang menarik bagi konsumen. Caranya adalah menempatkan suatu informasi yang sangat penting di sudut kiri atas, lalu selanjutnya ke kanan, lalu ke bawah, ke kanan lagi, lalu selanjutnya ke paling bawah. (arah mata konsumen membentuk huruf F)
Untuk pemilihan jenis huruf, sebaiknya hanya menggunakan 2 jenis huruf yang berbeda. Yaitu tipe apa saja, asalkan yang satu adalah sans serif dan serif. Serif adalah tipe huruf yang memiliki kait di ujungnya (seperti Times New Roman) dan sans serif adalah sebaliknya.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H