Menjadi seorang pemimpin memang terlihat mudah, kita bisa membeban kan tugas kepada orang lain, memberikan arahan dan mengorganisir agar tercapainya suatu tujuan perusahaan. Pemimpin yang baik harus bisa membuat suasana kerja yang nyaman untuk para karyawannya, agar para karyawannya bisa bekerja secara maksimal.Â
Seorang pemimpin juga harus berintegritas. pemimpin harus bisa memberikan contoh yang baik kepada para karyawannya, pemimpin juga harus mau mendengar segala masukan baik kritik dan saran dari para karyawannya agar bisa membuat suatu perubahan ke arah yang positif, pemimpin juga bukan orang yang hanya memberikan perintah saja kepada karyawan, dan pemimpin harus mampu mengambil keputusan dengan baik.Â
Tetapi tentu saja mengambil suatu keputusan bukanlah perkara yang mudah untuk diterapkan, terkadang keputusan bisa saja membawa dampak negatif jika salah dalam menentukan keputusan, seperti berikut:
Menimbulkan Permasalahan Di Masa DepanÂ
Saat pemimpin membuat suatu keputusan yang tidak tepat, keputusan tersebut bisa menjadi masalah di masa depan. Ini cukup sering terjadi di dunia kerja.Â
Kemampuan kita dalam menentukan keputusan akan diragukanÂ
Saat pemimpin membuat suatu keputusan yang tidak tepat, para karyawan dan rekan kerja kita mungkin akan menganggap kita orang yang tidak berkompeten dalam memutuskan suatu masalah, sehingga akan diragukan.Â
Adanya Trust Issue antar rekan kerja
Saat pemimpin membuat suatu keputusan yang tidak tepat, para karyawan dan rekan kerja kita tentu akan menjadi kurang percaya terhadap keputusan-keputusan yang akan kita ambil selanjutnya.Â
Adanya PenyesalanÂ
Saat pemimpin membuat suatu keputusan yang tidak tepat, tentu saja pemimpin akan merasa menyesal telah membuat suatu keputusan tersebut, sehingga bisa saja membuat pemimpin tidak bekerja secara efektif, karena penyesalan ini.Â