Di jaman sekarang yang seba digital pengusaha perlu memperhatikan bagaimana cara untuk dapat bersaing dengan kompetitor lain, pengusaha perlu melakukan perubahan atau beradaptasi dan beralih menggunakan platform digital. Dengan begitu, digitalisasi penting untuk solusi tepat beradaptasi  mempertahankan bisnis.Transformasi digital memberi kesempatan pelaku usaha baik pemain lama ataupun baru.
Pengusaha harus mempelajari proses manajemenn pemasaran  dan riset pemasaran, sehingga bisa menerapkan strategi pemasaran. Semua bisnis usaha baik yang besar maupun kecil membutuhkan strategi pemasaran yang baik dan tidak hanya memfokuskan mendapatkan keuntungan, tetapi juga fokus membangun sebuah branding usaha tersebut. Apalagi di era digital pengusaha UMKM harus sangat bisa beradaptasi dengan dunia digital.
UMKM di era digital ini perlu strategi pemasaran yang tepat, seperti  Rendang Mama Fuji. Melalui pengamatan di sosial media. Rendang Mama Fuji berhasil beradaptasi di era digital seperti memasarkan atau memperomosikan melalui influenser.Â
Menggunakan semua soasial media yang ada seperti instagram, di instagram UMKM ini membuat konten konten yang unik sehingga dapat menarik minat beli konsumen. Hal itu juga di lakukan di platfrom media sosial tiktok, Rendang Mama Fuji juga membuat konten di tiktok serta live di tiktok. Sehingga bisa di lihat pemanfaatan digital yang ada sangat berpengaruh dengan konsumen bisa di gunakan sebagai interaksi dengan pelanggan dan juga menarik minat beli yang lebih seperti halnya membuat konten kreatif dengan konsep yang sesuai dengan target yang dituju.
Pelaku usaha UMKM yang lain perlu mencontoh hal-hal positif dari kompetitor lain. Apalagi di era digital ini persaingan pelaku usaha menjadi semakin ketat.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H