Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Jember menyelenggarakan pelatihan penggunaan ChatGPT bagi para Guru Mata Pelajaran (MGMP) Biologi Kabupaten Jember.
Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan gambaran mengenai pemanfaatan kecerdasan buatan (AI) dalam pembelajaran dan bagaimana AI khususnya ChatGPT dapat digunakan untuk mendukung guru dalam proses pembelajaran dan menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Pelatihan ini berjalan dengan baik dan para guru merasa didukung oleh teknologi AI yang meningkatkan produktivitas mereka.
Sebagai prodi yang berfokus dalam mencetak guru di masa depan, kami menyadari pentingnya inovasi pendidikan dan pemanfaatan teknologi untuk mendukung proses belajar mengajar. AI telah menjadi  alat yang memiliki potensi besar untuk mendukung pengajaran di era digital. Oleh karena itu, kami memutuskan untuk mengadakan pelatihan ini dengan harapan para guru SMA di Kabupaten Jember dapat menggunakan teknologi AI khususnya ChatGPT dalam kegiatan pembelajarannya.
Pada pelatihan ini, kami memulai dengan memberikan pemahaman dasar tentang apa itu kecerdasan buatan dan seberapa pesat perkembangan teknologi AI Â dalam beberapa tahun terakhir. Kami menjelaskan konsep dasar seperti pembelajaran mesin, pemrosesan bahasa alami, dan cara kerja ChatGPT.
Para guru menyaksikan dengan sangat antusias dan rasa ingin tahu saat mereka menyadari besarnya potensi  AI dalam dunia pendidikan. Selanjutnya kami memberikan saran praktis bagaimana menggunakan ChatGPT dalam kegiatan pembelajaran sehari-hari. Kami menunjukkan kepada mereka cara mengakses ChatGPT melalui berbagai platform online dan bagaimana mereka dapat memanfaatkannya untuk menjawab pertanyaan, mengatur materi pel ajaran, dan bahkan mendukung proses penilaian. Kami juga memberikan contoh cara menggunakan ChatGPT dalam konteks pembelajaran siswa sehingga guru dapat langsung melihat cara menerapkan teknologi ini  dalam mata pelajaran mereka.
Salah satu aspek yang paling diapresiasi oleh para guru adalah kemampuan ChatGPT dalam mempercepat proses pembuatan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran).Dalam pelatihan ini, kami memberikan petunjuk langkah demi langkah tentang cara menggunakan ChatGPT untuk membuat rencana pembelajaran yang memenuhi standar program. Para guru terkesan dengan kemampuan ChatGPT dalam membuat rencana  pembelajaran yang relevan dan disesuaikan dengan kebutuhan mereka. Mereka menyadari bahwa teknologi ini dapat menghemat waktu mereka yang berharga dan memungkinkan mereka fokus pada aspek lain dalam proses pengajaran.
Selain itu, kami juga membahas isu terkait  etika penggunaan teknologi AI dalam pendidikan. Kami menekankan pentingnya penggunaan AI secara bijak dan etis serta menghindari plagiarisme dalam penggunaan ChatGPT. Guru sangat mendukung pendekatan ini dan berkomitmen untuk menggunakannya secara etis dalam pengajaran mereka. Pelatihan ini juga memberikan kesempatan bagi para guru untuk berbagi pengalaman dan ide tentang bagaimana mereka berencana mengintegrasikan ChatGPT ke dalam pembelajaran mereka.
Mereka saling menginspirasi dan memberi nasihat satu sama lain tentang cara terbaik menggunakan teknologi ini. Hal ini menciptakan lingkungan kolaboratif yang sangat positif di antara mereka. Selama pelatihan, kami juga mengadakan sesi latihan di mana guru ditugaskan untuk mencoba  ChatGPT dalam  konteks pembelajaran yang berbeda. Mereka merasa lebih percaya diri setelah sesi latihan ini dan  yakin bahwa mereka dapat menerapkan teknologi ini di kelas mereka.
Pada evaluasi akhir kursus pelatihan, para guru memberikan tanggapan yang sangat positif. Mereka merasakan pelatihan ini sangat bermanfaat dan memberi mereka informasi berharga tentang penggunaan teknologi AI dalam pendidikan. Mereka juga mengatakan teknologi AI dapat meningkatkan produktivitas  dan membantu mereka mengembangkan rencana pembelajaran.