Mohon tunggu...
Ditra Arliyyah  Rahmah
Ditra Arliyyah Rahmah Mohon Tunggu... Mahasiswa - belum bekerja

Assalamualaikum nama saya Ditra Arliyyah Rahmah mahasiswi prodi PGSD UPI Cibiru 2022, saya sangat gemar dalam membaca buku-buku yang mempunyai esensi yang sangat bagus sehingga dapat merubah kehidupan saya menjadi lebih baik lagi.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Efektivitas Pembelajaran TPACK di SDN Solokan Jeruk 02

5 Juni 2023   11:00 Diperbarui: 5 Juni 2023   11:04 47
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN TPACK DI SDN
SOLOKAN JERUK 02
Hasna Salsa Izdiar, Ditra Arliyah Rahmah
Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Cibiru
Email : ditraarliyyah26@upi.edu, hasnasalsa.8@upi.edu


Abstrak
Efektifitas pembelajaran menggunakan TPACK menjadi latar belakang penulisan artikel
penelitian ini. dengan perkembangan zaman yang setiap saat kemajuannya membuat kita sebagai
manusia sosial harus pintar-pintar dalam menyesuaikan diri dengan kondisi, yang dimana sekarang
atau zaman teknologi digital kemungkinan besar seluruh kegiatan akan berkaitan juga dengan
bantuan teknologi itu sendiri seperti halnya dalam melakukan pembelajaran di sekolah.
pembelajaran di sekolah pun harus peka terhadap perkembangan zaman dan tidak ketinggalan
dengan teknologi yang semakin canggih atau melek teknologi. dalam pendidikan yang sudah
berkembang munculah istilah Technological Pedagogical Content Knowledge atau bisa dikenal
sebagai TPACK merupakan suatu kerangka kerja yang mengidentifikasi pengetahuan. TPACK ini
sangat berguna bagi kelangsungan pembelajaran di sekolah karena dapat memudahkan terjadinya
pembelajaran dan penyampaian materi secara mudah dan cepat. Dari hasil yang didapat melalui
metode wawancara sekolah SDN Solokanjeruk 02 sudah mulai mengembangkan penerapan
TPACK untuk memudahkan jalannya pembelajaran, seperti penggunaan proyektor pada saat
menerangkan materi serta menampilkan beberapa video atau film untuk menarik siswa agar dapat
belajar dengan rasa senang dan tidak mudah bosan, tetapi dari hasil penelitian yang didapat penulis
masih terdapat sedikit kendala yang seperti umumnya adalah kurangnya fasilitas yang dimiliki
sekolah tersebut.
Kata Kunci: Pembelajaran, TPACK, Efektifitas
Abstract
The effectiveness of learning using TPACK is the background for writing this research
article. With the development of the times where every time its progress makes us as social human
beings must be smart in adapting to conditions, where now or the era of digital technology it is
likely that all activities will also be related to the help of technology itself as is the case with
learning at school. Learning in schools must also be sensitive to the times and not be left behind
by increasingly sophisticated technology or technological literacy. In education that has
developed, the term Technological Pedagogical Content Knowledge or also known as TPACK is
a framework that identifies knowledge. This TPACK is very useful for maintaining learning in
schools because it can facilitate the purchase and withdrawal of materials easily and quickly.
From the results obtained through the school interview method, SDN Solokanjeruk 02 has started
to develop the application of TPACK to facilitate learning simulations, such as using a projector
when explaining material and showing several videos or films to attract students so they can learn
with pleasure and not get bored easily, but from the research results obtained by the author there
are still a few obstacles which, as usual, are the lack of facilities that the school has.
Keywords: Learning, TPACK, Effectiveness.


A. Pendahuluan
Pendidikan merupakan suatu proses pengubahan sikap dan tata laku suatu individu atau
kelompok dalam usaha mendewasakan manusia melalui upaya dalam pengajaran dan pelatihan,
tetapi dalam melaksanakan pembelajaran pastinya kita sangat berharap dengan terlaksananya
pembelajaran secara lancar dan efektif baik bagi sekolah, guru, dan siswanya itu sendiri. Melansir
dari Teach Starter, pada umumnya pemikiran siswa hanya dapat fokus belajar selama 45 menit.
dengan begitu siswa akan kesulitan memahami apa yang dijelaskan oleh gurunya dan akan lambat
dalam perkembangan pikirannya. oleh karena itu pendidikan sudah mengembangkan metode
belajar yang dapat membuat anak kembali fokus dan tertarik untuk mendengarkan penjelasan
materi yang diberikan oleh gurunya. dengan menggunakan metode TPACK permasalahan yang
dialami pada pembelajaran akan terselesaikan, TPACK adalah suatu kerangka teknologi yang
dapat memudahkan berjalannya pembelajaran di kelas, contohnya seperti menggunakan proyektor
dan powerpoint pada saat menyampaikan materi agar siswa dapat tertarik dengan apa yang
diajarkan, dengan penggunaan TPACk ini selain dapat membantu dalam melaksanakan
pembelajaran pendidikan di sekolah dapat lebih berkembang sesuai dengan Zaman serba digital
dan guru guru akan lebih kreatif dan terampil dalam melaksanakan pembelajaran. Akan tetapi
dengan adanya keuntungan yang diberikan oleh TPACK, terdapat kendala yang harus dialami oleh
beberapa sekolah seperti kesulitan dalam memahami teknologi, biaya yang harus dikeluarkan, dan
sarana prasarana yang memadai.


B. Metode Penelitian
penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan dari TPACK yang diterapkan di
SDN Solokanjeruk 02 serta mengetahui hambatan atau permasalahan apa saja dalam
mengembangkan TPACK untuk membantu pembelajaran. penulisan penelitian ini menggunakan
metode kualitatif deskriptif, yang menjelaskan secara faktual dan sistematis. Dalam penelitian ini
penulis menjelaskan data analisis dan studi kasus secara deskriptif. Untuk melakukan penelitian
penulis mengumpulkan data menggunakan metode analisis studi kasus, literatur review, observasi,
dan wawancara.


C. Hasil dan Pembahasan
Keefektifan dalam penerapan TPACK di SDN Solokanjeruk 02 sudah ada perkembangan,
terkadang di beberapa materi guru menggunakan media proyektor sebagai mempermudah dalam
menjelaskan materi kepada siswa., Selain itu guru juga menggunakan media video atau film untuk
menarik perhatian siswa, guru juga menggunakan alat bantu lainnya seperti handphone yang
bertujuan untuk membantu memperlancar pelaksanaan kuis maupun ulangan. dengan adanya
penerapan TPACK di sekolah akan menjadi hemat kertas dan mengefisienkan waktu serta siswa
lebih antusias ketika melakukan ulangan atau kuis. Tetapi dalam penerapan TPACK ini masih
belum sepenuhnya terlaksana, karena sudah kita ketahui bahwa sekolah Negeri tidak semua kelas
memiliki fasilitas sarana prasarana yang cukup seperti proyektor sehingga guru harus saling
bergantian dalam pemakaian alat tersebut. dengan keterbatasan itu terkadang guru akan
membolehkan siswa untuk membawa handphone ke sekolah khususnya bagi kelas tinggi agar bisa
lancar dalam pembelajaran menggunakan TPACK. Tentunya dalam penggunaanya dalam
pengawasan agar tidak digunakan di luar jam pelajaran sekolah.
Di abad ke-21 ini guru sebagian besar sudah mampu menggunakan teknologi seperti dalam
pembuatan power point, video pembelajaran, Platform, hingga kuis digital. Meskipun demikian
permasalahan yang dialami guru dan sekolah bukan lah permasalahan tentang pemahaman
teknologi tetapi, kendala terbesar yang sudah lama dialami adalah kurangnya fasilitas pendukung
seperti proyektor yang tersedia di sekolah, karena sebagian besar sekolah negeri tepatnya di
Kabupaten Bandung hanya memiliki 1-2 proyektor di setiap sekolah. sedangkan terdapat enam
kelas dari kelas 1-6 yang sangat membutuhkan proyektor sebagai pendukung di proses
pembelajaran.
Adapun permasalahan umum yang sering terjadi, seperti sebagian besar orang tua bekerja
di pabrik dan handphone yang selalu dibawa orang tuanya sehingga jarang sekali siswa dapat
membawa handphone ke sekolah dengan alasan memiliki satu handphone pribadi. Dengan begitu,
dalam pelaksanaan kuis dilakukan secara bergantian menggunakan handphone siswa lain.


Kesimpulan
Dalam pendidikan yang sudah berkembang munculah istilah Technological Pedagogical
Content Knowledge atau bisa dikenal sebagai TPACK merupakan suatu kerangka kerja yang
mengidentifikasi pengetahuan. dengan begitu siswa akan kesulitan memahami apa yang dijelaskan
oleh gurunya dan akan lambat dalam perkembangan pikirannya. penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui keefektifan dari TPACK yang diterapkan di SDN Solokanjeruk 02 serta mengetahui
hambatan atau permasalahan apa saja dalam mengembangkan TPACK untuk membantu
pembelajaran.
Penulisan penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, yang menjelaskan
secara faktual dan sistematis. Keefektifan dalam penerapan TPACK di SDN Solokanjeruk 02
sudah ada perkembangan, terkadang di beberapa materi guru menggunakan media proyektor
sebagai mempermudah dalam menjelaskan materi kepada siswa., Selain itu guru juga
menggunakan media video atau film untuk menarik perhatian siswa, guru juga menggunakan alat
bantu lainnya seperti handphone yang bertujuan untuk membantu memperlancar pelaksanaan kuis
maupun ulangan. Meskipun demikian permasalahan yang dialami guru dan sekolah bukan lah
permasalahan tentang pemahaman teknologi tetapi, kendala terbesar yang sudah lama dialami
adalah kurangnya fasilitas pendukung seperti proyektor yang tersedia di sekolah, karena sebagian
besar sekolah negeri tepatnya di Kabupaten Bandung hanya memiliki 1-2 proyektor di setiap
sekolah. sedangkan terdapat enam kelas dari kelas 1-6 yang sangat membutuhkan proyektor
sebagai pendukung di proses pembelajaran. adapun permasalahan umum yang sering terjadi,
seperti sebagian besar orang tua bekerja di pabrik dan handphone yang selalu dibawa orang tuanya
sehingga jarang sekali siswa dapat membawa handphone ke sekolah dengan alasan memiliki satu
handphone pribadi.


Saran
Demikianlah artikel yang telah kami susun kami berharap artikel ini dapat bermanfaat bagi
pembaca dan dapat diterima dengan baik, tetapi sebagai manusia kita tidak luput dari kekurangan
kami juga mengharapkan kritik dan saran yang membangun sehingga kami sebagai penyusun
artikel dapat mempelajari kekurangan dan mempertahankan kelebihan yang ada pada artikel ini.


Daftar Pustaka
Hidayati, N., Setyosari, P., & Soepriyanto, Y. (2018). Kompetensi technological pedagogical
content knowledge (TPACK) guru SOSHUM setingkat SMA. JKTP: Jurnal Kajian
Teknologi Pendidikan, 1(4), 291-298.
Nofrion, N., Wijayanto, B., Wilis, R., & Novio, R. (2018). Analisis technological pedagogical and
content knowledge (TPACK) guru geografi di Kabupaten Solok, Sumatera Barat. Jurnal
Geografi, 10(2), 105-116.
Janah, EF Konsep dan Implementasi TPACK pada Pembelajaran di Sekolah Dasar. Kalam
Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan , 10 (2), 348-355
ZULHAJIDAN. (2021). Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK).
zulhajidan.net Riadi, Muchlisin. (2022). Technological Pedagogical and Content Knowledge
(TPACK). Kajianpustaka.com.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun