Tangerang - Persaingan dunia transportasi semakin ketat, terutama pada transportasi darat. Seiring dengan perkembangan zaman berbagai perusahaan otobus (PO) berlomba-lomba memberikan pelayanan terbaik serta terus bertransformasi supaya tetap bertahan ditengah persaingan yang kian ketat (07/01/2021).
Salah satunya yaitu Perusahaan Otobus (PO) Sudiro Tungga Jaya asal Maospati, Magetan, Jawa Timur. Perusahaan otobus (PO) ini memberikan pelayanan yang membuat penumpangnya menjadi lebih nyaman dengan cara menghadirkan pramugari di armada Premium Class untuk melayani penumpang selama perjalanan. Untuk saat ini di Indonesia hanya beberapa perusahaan otobis (PO) saja yang telah menggunakan pramugari, seperti PO. Rosalia Indah, PO. Sudiro Tungga Jaya, PO. Best Premium.
"Waktu istirahat itu kalau semua pekerjaan sudah selesai baru bisa istirahat, untuk tempat istirahatnya berada dibelakang bus" imbuh Enny.
Jika armada sedang tidak jalan atau sedang perbaikan maka pramugari akan pindah ke armada Premium Class yang lain. Saat pertama kali menjadi pramugari Enny merasakan berat serta jam tidur yang kurang, suka duka menjadi pramugari bus telah dirasakan oleh Enny.
"Untuk sukanya itu ya bisa mengenal banyak orang, bertemu banyak orang, bekerja sambil jalan-jalan sedangkan untuk dukanya itu waktu istirahat kurang, kalau uang setoran kurang kita harus nombok" papar Enny.
Erwin (27) sebagai penumpang merasa diuntungkan dengan adanya pramugari "dengan adanya pramugari seperti ini, kami sebagai penumpang merasa nyaman, mempermudah penumpang dalam perjalanan dan juga bisa menjadi daya tarik bagi calon konsumen" ungkap Erwin.
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI