Mohon tunggu...
Dita Septiani
Dita Septiani Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Psikologi

psychology

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Eksperimen Magical Number Seven: Batasan Memori Manusia

14 Oktober 2024   20:10 Diperbarui: 14 Oktober 2024   20:22 37
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Dalam dunia psikologi kognitif, salah satu konsep yang paling terkenal adalah "Magical Number Seven." Istilah ini berasal dari penelitian yang dilakukan oleh psikolog George A. Miller pada tahun 1956. Dalam makalah berjudul "The Magical Number Seven, Plus or Minus Two," Miller mengeksplorasi batasan memori jangka pendek manusia dan menemukan bahwa kita cenderung dapat mengingat antara lima hingga sembilan item dengan baik.

Dalam artikel ini akan membahas metodologi eksperimen, hasil temuan, dan implikasi praktis dari penelitian ini.

Metodologi Eksperimen

Miller melakukan serangkaian eksperimen untuk menguji kapasitas memori. Subjek diminta untuk mengingat urutan angka, huruf, atau kata-kata. Dalam eksperimen ini, informasi disajikan dalam bentuk yang tidak terstruktur dan subjek diminta untuk mengulangi kembali informasi tersebut.

Miller mencatat bahwa ketika informasi disajikan dalam kelompok yang lebih besar dari tujuh, tingkat keberhasilan pengingatan menurun. Dia menyimpulkan bahwa otak manusia memiliki batasan dalam mengolah dan menyimpan informasi yang tidak terstruktur, dan bahwa kelompok-kelompok kecil (chunking) lebih mudah diingat.

Hasil eksperimen menunjukkan beberapa penemuan penting:

  • Batasan Memori: Miller menemukan bahwa batasan ini berlaku untuk berbagai jenis informasi, termasuk angka, huruf, dan kata.
  • Chunking: Teknik pengelompokan terbukti meningkatkan kapasitas ingatan. Peserta yang diberikan informasi dalam bentuk chunk (misalnya, kelompok angka) dapat mengingat lebih banyak dibandingkan dengan yang diberikan urutan acak. 
  • Relevansi dalam Kehidupan Sehari-hari: Memori dipengaruhi oleh konteks dan pengalaman sebelumnya, yang berarti bahwa individu dapat mengingat informasi lebih baik jika mereka sudah familiar dengan konteksnya. Temuan ini memiliki implikasi dalam banyak aspek kehidupan, mulai dari pendidikan hingga desain antarmuka pengguna. Misalnya, dalam mengembangkan materi pendidikan, pengorganisasian informasi dalam kelompok kecil dapat meningkatkan pemahaman dan pengingatan. 

Implikasi 

Penemuan dari eksperimen ini memiliki implikasi praktis di berbagai bidang:

  • Pendidikan: Dalam pengajaran, guru dapat menerapkan teknik chunking untuk membantu siswa mengingat informasi. Misalnya, membagi materi pelajaran menjadi modul yang lebih kecil dan terstruktur.

  • Desain Antarmuka Pengguna: Dalam pengembangan aplikasi dan situs web, memahami batasan memori ini membantu desainer menyajikan informasi secara efektif. Menyajikan data dalam kelompok kecil membuatnya lebih mudah diingat dan diakses.

  • Psikologi: Penelitian lebih lanjut menunjukkan bahwa faktor seperti perhatian, konteks, dan pengalaman sebelumnya juga memengaruhi kapasitas memori. Ini dapat diterapkan dalam terapi untuk membantu individu dengan gangguan memori.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun