Sebelum menyebarnya virus korona atau Covid-19 di Indonesia maupun di Negara lain, Kuliah masih di laksanakan secara luring.
Kuliah daring pada masa Pandemi Covid-19 ada tantangannya tersendiri yaitu : 1. membuat mahasiswa belajar mandiri untuk mendapatkan materi dan mengikuti webinar.
2. tidak sedikit dari mahasiswa yang merasa cemas untuk pembelajaran online
3. mencoba hal baru untuk mendapatkan program-program online walau tidak tatap muka mahasiswa tetap semangat untuk belajar.
Pada saat Covid 19 mahasiswa merasa sangat santai karena pembelajaran di lakukan dirumah maupun dilain-lain. Kesiapan pembelajaran daring secara tersistem dan komprehensif E-Learning ini yang menjadi alasan pemanfaatan pada saat kuliah tatap muka tidak lagi dimungkinkan di masa pandemi Covid-19 E-Learning yang diakui banyak membantu pada masa pembelajaran daring adalah baik kuliah, bimbingan tugas akhir, ujian tugas akhir, maupun webinar.
Walau adanya E-learning yang memadai mahasiswanya untuk belajar tetapi sebagian mahasiswa ada yang belum siap untuk melaksanakan kuliah daring karena pembelajaran tatap muka langsung mereka lebih suka dan mudah memahami dari pada kuliah daring yang harus belajar mandiri dan banyak tugas-tugas yang diberikan.
Perkuliahan daring yang dilakukan pada masa pandemi Covid-19 tentu memiliki keuntungan yaitu fleksibel biaya dan waktu, tetapiterdapat juga berbagai kendala seperti kurangnya sosialisasi antara dosen dan mahasiswanya dikarenakan pertemuan yang secara daring saja tidak tatap muka. Selain itu mahasiswa juga harus mempersiapkan diri untuk menerima pembelajaran online atau daring.
Hal ini berdampak pada bermunculannya pandangan bahwa lulusan perguruan tinggi yang menyelenggarakan pembelajaran secara tatap muka lebih berkualitas dibandingkan dengan yang sebelumnya kuliah daring secara penuh. Munculnya pandangan ini muncul dari angappan masyarakat sendiri dan mahasiswa yang merasakan.
Perkuliahan daring terpaksa dilakukan, awalnya setiap perguruam tinngi berat untuk melakukan perkuliahan daring ini. Seiring berjalannya waktu dosen dan mahasiswa mulai terbiasa dengan perkuliahan daring.
Kelebihan dan kelemahan perkuliahan daring yaitu ;
Kelebihan kuliah daring
- Hemat biaya transportasi
- Mahasiswa yang biasanya datang ke kampus mengenakan sepeda motor ataupun transportasi lain, sekarang tidak menggunakan transportasi karena pembelajaran dilakukan dirumah.
- Hemat waktu dan tenaga
- Tentunya saat kuliah tatap muka pasti menghabiskan waktu cukup banyak daripada saat kuliah daring lebih lonngar, dikarenakan saat tatap muka pergantian jam kuliah sering terjeda sehingga mengharuskan tunggu di kampus
- Lebih santai dan tidak bising
- Penerapan kuliah daring lebih terasa tenang, lebih santai dirumah, dikamar dan lain-lain.
Kelemahan kuliah daring
- Harus mengakses internet
- Kuliah online pasti membutuhkan akses internet dengan berbagai media leptop, smartphone dan lain-lain
- Penyampaian dan penerimaaan materi tidak maksimal
- Proses belajar mengajar saat daring tidak efesien atau tidak dimudah dimengerti. Apalagi saat dosen menerangkan tingkat kefokusan mahasiswa dan penerima tidak lebih baik dan dampak ini membuat pengetahuan dan pemahamanan mahasiswa tidak makasimal
- Keterbatasan saat berdiskusi
- Untuk mata kuliah teori memang tidak akan terlalu bermasalah jika dihadapkan dengan kuliah online, namun untuk mata kuliah praktek, maka kuliah online tidaklah menjadi solusi akan hal ini, dan dampak dari keadaan seperti ini, pengetahuan dan pemahaman mahasiswa tentang materi kuliahnya tidak maksimal.
Bagaimana sih agar mahasiswa termotivasi untuk semangat pembelajaran daring ? berikut ini agar mahasiswa termotivasi perkuliahan daring
- Bersabar menghadapi kuliah daring
- Bersyukur karena masih bisa mendapatkan ilmu walau daring
- Belajar mandiri untuk mandapatkan materi
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H