Mohon tunggu...
Diska Aulia
Diska Aulia Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa/teknik industri/universitas medan area

Saya memiliki hobi menonton dan membaca buku, terutama yang dapat menambah wawasan atau menghibur di waktu luang. Saya juga sangat tertarik pada topik kecantikan, khususnya skincare, serta menikmati eksplorasi berbagai jenis makanan. Kepribadian saya cenderung terbuka, penasaran, dan senang berbagi informasi yang bermanfaat dengan orang lain.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Cerita Haru dan Serunya Pertukaran Mahasiswa di Universitaa Sultan Ageng Tirtayasa Banten

12 Agustus 2024   08:30 Diperbarui: 12 Agustus 2024   09:09 33
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

       Hai, nama aku Diska Aulia. Kali ini aku mau cerita tentang pengalaman aku ikut Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) Batch 3 di Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (UNTIRTA), Banten. Program ini benar-benar memberikan kesempatan buat aku merasakan kuliah di tempat baru dan kenalan sama budaya yang beda. Aku nulis ini buat berbagi pengalaman dan mungkin bisa jadi referensi buat kamu yang tertarik ikut program serupa.

      Jadi, Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka ini adalah program dari pemerintah yang ngasih kesempatan buat mahasiswa kuliah di kampus lain di Indonesia. Tujuannya biar kita bisa memperkaya pengalaman akademik, memahami budaya lain, dan tentunya memperkuat persatuan bangsa. Aku pilih Banten karena selain sejarah dan budayanya yang menarik, mata kuliah di UNTIRTA juga mirip banget sama di kampus asalku, jadi aku nggak terlalu kesulitan buat adaptasi.

      Di UNTIRTA, aku ikut berbagai kegiatan akademik yang seru dan bermanfaat. Hari pertama, kami mulai dengan Kuliah Umum yang ngenalin kehidupan kampus dan harapan dari program ini. Besoknya, baru deh masuk kelas reguler. Aku senang banget karena mata kuliah di sini langsung dipraktikkan pakai aplikasi di laptop, jadi kita nggak cuma belajar teori, tapi juga langsung praktek. Nilai praktek ini juga dihitung, jadi tambah semangat belajarnya!

      Di kampus, aku cepat akrab sama teman-teman baru dari UNTIRTA. Mereka ramah dan bikin aku cepat betah di lingkungan baru. Selain itu, setiap Sabtu atau Minggu, ada kegiatan Modul Nusantara. Di sini, kami diajak mengenal lebih dekat budaya dan wisata di Banten. Salah satu pengalaman yang paling berkesan adalah waktu kami berkunjung ke suku Baduy. Pengalaman ini benar-benar membuka mata dan hati aku tentang cara hidup yang sederhana dan dekat dengan alam.

sultan asta, 2023.
sultan asta, 2023.

      Tentu ada tantangan yang harus dihadapi, seperti adaptasi dengan lingkungan baru dan perbedaan cara belajar. Tapi, dengan semangat dan dukungan dari teman-teman baru, aku bisa melewatinya. Intinya, harus terbuka sama hal-hal baru dan jangan ragu buat minta bantuan kalau perlu.

      Dari program ini, aku banyak dapat manfaat. Aku jadi belajar keterampilan baru, mulai dari cara berpikir yang lebih kritis sampai penggunaan aplikasi praktis di bidang teknik. Selain itu, aku juga dapat wawasan baru tentang budaya Banten yang kaya dan beragam.

      Yang paling penting, program ini ngajarin aku tentang pentingnya keterbukaan dan keberanian buat mencoba hal-hal baru. Aku jadi lebih menghargai perbedaan dan paham kalau setiap daerah di Indonesia punya kekayaan budaya yang luar biasa. Program ini juga ngubah pandangan aku tentang pendidikan, di mana belajar itu nggak cuma di kelas, tapi juga lewat interaksi sosial dan pengalaman langsung.

      Melalui pengalaman ini, aku sadar betapa pentingnya program seperti Pertukaran Mahasiswa Merdeka. Bukan cuma buat menambah pengalaman akademik, tapi juga buat mengenal budaya dan cara hidup yang berbeda. Buat kamu yang tertarik ikut program ini, aku sangat rekomendasikan. Pengalaman ini bakal kasih kamu kenangan yang tak terlupakan.

      Aku mau ngucapin terima kasih buat semua yang udah mendukung dan terlibat dalam perjalanan ini. Terima kasih juga buat UNTIRTA yang udah jadi tuan rumah yang baik selama program ini. Kalau ada yang mau tanya-tanya atau berbagi pengalaman serupa, feel free buat komen atau hubungi aku ya! Senang banget bisa denger cerita kalian juga.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun