Saya Sopiah Nadira Khairunnisa, lahir di Purworejo pada tanggal 21 Juli 2001. Saya merupakan anak kedua dari empat bersaudara. Saat ini saya menjalani/menempuh pendidikan semsester 5, program studi pendidikan bahasa arab, fakultas pendidikan bahasa, universitas muhammadiyah yogyakarta. Salah satu program wajib kami dalam pendidikan bahasa ini yaitu magang. Pada program studi kami ada tiga tahapan magang, yang pertama magang SD, magang SD ini sudah kami laksanakan pada semester 4.Â
Pada tahapan pertama magang kami, kami hanya melakukan observasi. Kemudian setelah melaksanakan magang SD, tepat nya pada semester 5 ini kami melaksanakan magang SMP. Pada magang kali ini kami tidak hanya melakukan observasi saja, namun kami juga diminta untuk mempelajari lebih dalam apa itu kurikulum 2013, apa itu kurikulum merdeka, dan apa kelebihan dan kekurangan pada setiap kurikulum, kemudian cara mebuat SK KD, RPP, silabus, dan media pembelajaran.Â
Pada magang kali ini pun sistem pembagaian kelompoknya cukup berbeda. Pada saat magang yang pertama atau magang SD, kami berkelompok sesuai dengan kelas masing-masing. Dan satu kelas berisikan 2 kelompok. Nah, pada magang kedua ini pembagian kelompok dicampur antara kelas A dan kelas B. Menurut kami itu sangat tidak efisien karena kami sangat sulit untuk menyesuaikan jadwal. Dan pada akhirnya kami memutuskan untuk membagi kelompok lagi menjadi kelompok kelas A dan kelompok kelas B.Â
Pada saat pemetaan, kami diamanahkan untuk menjalani magang di SMP 3 Muhammadiyah Yogyakarta. Kami melaksanakan penerjunan magang pada awal bulan november, dan Alhamdulillah kami sangat senang ketika penerjunan seluruh guru dan staf menyambut kami dengan sangat hangat. Pelaksanaan magang ini kurang lebih berjalan satu bulan. Saya dan teman-teman kelas A belajar bersama bu Irsa, dan teman-teman kelas B belajar bersama bu Dewi.Â
Pada hari pertama kami magang, kami belajar bersama bu Irsa mengenai apa itu SK KD, RPP, Silabus, dan apa itu kurikulum ismuba. Kemudian pada hari kedua magang bu Irsa menjelaskan mengenai media pembelajaran yang digunakan di SMP Muhammadiyah 3. Kemudian pada pertemuan berikutnya kami diberikan tugas untuk membuat RPP dan media pembelajaran.Â
Sangat disayangkan pada magang kali ini kami tidak melakukan observasi kelas sama sekali dikarenakan waktu yang bertepatan dengan masa ujian siswa. Oleh karena itu kami jadi tidak mengetahui bagaimana keadaan kelas ketika kegiatan belajar mengajar sedang berlangsung. Mungkin untuk magang berikutnya penerjunan bisa dilakukan lebih awal lagi, dikarenakan waktu pelaksanaan magang bertabrakan dengan jadwal ujian siswa di smp tersebut dan oleh karna itu, pelaksanaan magang kami pun kurang maksimal.Â
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H