Mohon tunggu...
Diory Pribadi Sinaga
Diory Pribadi Sinaga Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Saya manusia

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

MSIB Batch 2 Fullstack Binar Academy

12 November 2022   00:04 Diperbarui: 12 November 2022   00:07 341
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Saya Diory Pribadi Sinaga seorang mahasiswa yang telah selesai mengikuti program MSIB Batch 2, disini saya akan menceritakan pengalaman saya ketika mengikuti studi independen di Binar Academy yang merupakan salah satu program kampus merdeka yaitu MSIB. MSIB (Magang Studi Independen Bersertifikat) merupakan salah satu program dari beberapa kegiatan yang ada di Kampus Merdeka. 

MSIB dirancang untuk memastikan para mahasiswa mendapatkan kompetensi terbaik, kompetensi terkini, dan kompetensi terdepan untuk menghadapi dunia masa depan. 

Dari banyak mitra yang bekerjasama dengan Kampus Merdeka salah satunya adalah BinarAcademy(PT Lentera Bangsa Benderang) yang menerima saya untuk mengikuti program MSIB Batch 2 . 

Binar Academy merupakan startup yang bergerak di bidang edukasi dengan fokus pada pengembangan skill dan talenta digital dengan meningkatkan pengalaman belajar. Binar Academy didirikan tahun 2017 oleh Alamanda Shantika bersama dua alumnus Gojek lainnya, yaitu Dita Aisyah dan Seto Lareno. Binar Academy memiliki tujuan untuk menghasilkan talenta-talenta digital, dimana pada saat ini bangsa Indonesia sangat membutuhkan talenta digital setiap tahunnya. Binar Academy merupakan sebuah program belajar jarak jauh(online), sehingga tidak menyulitkan dalam terlaksananya proses belajar tersebut.

Studi independen yang saya ikuti di Binar Academy adalah FullstackWeb, dimana pada program tersebut Mahasiswa diajarkan mengenai dasar-dasar web secara teori/praktek seperti HTML,CSS, Javascript dll. Pada prakteknya mahasiswa dituntut mengimplementasikan yang mereka dapat untuk membuat web dari dasar sampai kepada web yang lebih kompleks seperti membuat website untuk berjualan barang bekas. Untuk lulus di mitra Binar Academy, binar sendiri memiliki tugas setiap 2 minggu sekali yang akan menjadi penentu nilai akhir mahasiswa ketika sudah selesai pada program MSIB Bacth 2 ini.

Ketika saya belajar di Binar academy, sebenarnya saya tidak ada basic sama sekali mengenai web karena saya merupakan seorang mahasiswa jurusan Matematika yang tidak pernah belajar mengenai Web di mata kuliah di jurusan saya, sehingga ini menjadi kesulitan tersendiri bagi saya pribadi. Seiring berjalannya waktu saya mengikuti materi web yang diberikan Binar, dan ternyata materinya tidak begitu sulit daripada Matematika,hehe. Minggu demi minggu saya lewati dengan baik dan tugas yang diberikan binar saya dapat selesaikan semuanya tepat pada waktunya. 

Di akhir studi independen FullstackWeb yang saya ikuti, Binar academy memiliki tugas Final Project dimana tugasnya membuat Web jual beli barang bekas yang dikerjakan perkelompok(5 orang) dalam kurun waktu pengerjaaan selama 2 bulan. Selama 2 bulan tersebut saya lalui dengan teman sekelompok untuk membuat aplikasi web, error demi error kami lewati sampai pada akhir aplikasi web yang tercipta https://fesecondhand4.vercel.app/.  

Demikianlah sedikit cerita pengalaman suka dan duka saya saat mengikuti program MSIB Barch 2 di Binar Academy, Terima Kasih

Diory Pribadi Sinaga

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun