Mohon tunggu...
Diomi Shinegi
Diomi Shinegi Mohon Tunggu... Lainnya - Student Magister comuncation corporate Paramadina University

running

Selanjutnya

Tutup

Analisis

PERUBAHAN DAYA BELI E-COMMERCE ERA DIGITAL 4.0 MENUJU 5.0 PADA PRODUK FASHION MENGGUNAKAN AR YANG LEBIH MENARIK DAN PRAKTIS

16 April 2023   03:24 Diperbarui: 16 April 2023   15:03 330
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik




Revolusi Industri 4.0 menjadi suatu batu loncatan yang sangat besar pada dunia industry yang ada merupakan suatu perubahan besar pada sektor industri, dimana teknologi informasi dan komunikasi di utilisasi sepenuhnya untuk mencapai efisiensi yang maksimal sehingga dapat menciptakan model bisnis dan peluang bisnis baru dengan berbasis digital. Mungkin beberapa perusahaan akan mengalami perkembangan pesat, tetapi ada juga yang mungkin akan mengalami penurunan.

Diketahui dalam survei yang diadakan oleh World Economic Forum (Future of Jobs Survey 2018), pada tahun 2018 sampai tahun 2023 akan ada beberapa teknologi yang akan mendominasi dan mempengaruhi perkembangan bisnis perusahaan, yaitu high-speed mobile internet, artificial intelligence, big data analytics, dan cloud technology.

Penggunaan teknologi internet ini akan terus mengalami perubahan serta perkembangan dari strategi bisnis, pelayanan, pemasaran, dan penjualan. Pengaplikasian teknologi ini akan meningkatkan produktivitas dan efisiensi, menciptakan pasar baru dengan biaya yang rendah, dan membantu mendorong pertumbuhan pada ekonomi.

Perubahan era revolusi industri 4.0 membuka peluang bisnis jual-beli online, dimana perusahaan tidak perlu lagi melakukan promosi besar-besaran, karena teknologi secara online akan semakin canggih dan besar di era ini.

Banyak perusahaan Finance Technology yang memanfaatkan perkembangan teknologi di era ini dengan memberikan penawaran untuk cara pembayaran yang lebih mudah seperti virtual account maupun transfer uang melalui aplikasi m-banking pada bisnis jual-beli online. Termasuk pada e-commerce yang sudah menggunakan AR

(Augmented Reality) kedalam program penjualan product yang terjadi pada e-commerce, yang sangat terlihat pada product kosmetik dan makeup, yang mungkin sudah di rasakan oleh konsumen pada beberapa e-commerce.

Perubahan ini juga berdampak pada penjualan perusahaan retail fashion, dimana dengan berubahnya pola perilaku konsumen membuat perubahan besar dan membuat peralihan ke e-commerce dan digital marketing, di bandingkan dengan mencoba langsung di store tempat menjual makeup maupun kosmetik di product yang sama.

Digital marketing adalah salah satu strategi dan upaya perusahaan dalam memasarkan produk dengan menggunakan media berbentuk digital untuk menjangkau konsumen atau pelanggan secara lebih luas, mudah, dan cepat. Selain kemudahan dalam menjangkau target pasar yang lebih luas, digital marketing juga membutuhkan biaya yang lebih kecil dibandingkan pemasaran tradisional.

Apakah e-commerce dapat mempengaruhi pola kegiatan manusia dan pertumbuhan ekonomi suatu negara? Jawabannya tentu saja iya, karena e-commerce dapat mengubah pola kebiasaan berbelanja konsumen serta meningkatkan lapangan pekerjaan pada beberapa bidang untuk mendukung kegiatan e-commerce.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Analisis Selengkapnya
Lihat Analisis Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun