Pernahkah kalian mendengar tentang Humas Digital? atau pernah kalian membaca artikel terkait Praktik kerja humas? karena tulisan kali ini akan membahas seputar Humas Digital dan praktik kerja humas.
 Sebelum kita membahas Humas Digital kita harus tahu apa itu Humas. Humas atau yang biasanya disebut Public Relation adalah aktivitas dengan kemampuan dan pengetahuan untuk dapat melakukan proses komunikasi dalam membangun hubungan positif antara organisasi atau perusahaannya dengan publik yang terkait dengan organisasi atau perusahaan tersebut, secara sederhananya seorang PR adalah orang yang bertanggung jawab atas hubungan antaran publik dengan perusahaan.Â
 Humas Digital merupakan praktik kehumasan yang menggunakan media digital seperti internet ataupun media sosial sebagai sarana publikasinya. Dengan perkembangan teknologi yang semuanya sudah serba digital, seorang PR juga harus mengikuti zaman dan beradaptasi dengan perkembangan tersebut. Penggunaan website juga menjadi sangat penting ibaratkan sebagai "rumah" dari sebuah perusahaan di media digital dan sumber informasi perusahaan untuk publiknya. Bukan hanya website namun media sosial juga menjadi platform yang penting, sebagai seorang PR harus lebih kreatif dan mampu mengelola media sosial lebih baik karena dapat menjadi jembatan untuk publik bisa berkomunikasi dengan suatu perusahaan.
 Pada Universitas Kristen Indonesia juga mempelajari Humas Digital. Mata kuliah yang yang dipelajari di program studi Ilmu komunikasi ini diajarkan oleh dosen  peminatan Public Relations yang bernama Marshelia Gloria Narida S.S., M.A yang karap dipanggil Kak Marshel. Di mata kuliah ini Kak Marshel juga mengajarkan tentang praktik kerja humas terutama di media digital. Praktik kerja humas dalam era digital ini tentunya diperlukan untuk menganalisa dan mengatasi isu-isu yang berkembang di media sosial tentang perusa haan, mampu berpikir kritis dan kreatif dalam mengelola informasi perusahaan di media sosial.
 Dari beberapa praktik kerja humas yang telah disebutkan diatas ada juga beberapa praktik kerja humas diantaranya mampu menjangkau secara luas publik dari perusahaannya, seorang PR juga harus bisa membangun dan menjaga hubungan baik secara internal maupun dengan media-media yang dapat membantu reputasi dan persepsi publik terhadap perusahaan, seorang PR juga pastinya harus mampu menganalisa suatu isu ataupun krisis secara online dan dapat mengatasi secara cepat dan efektif. Tak lupa kekreativitas dalam pembuatan konten digital diperlukan bagi seorang PR. Kreativitas dalam praktik kerja Humas bukan hanya mendapat ide-ide yang unik, tetapi praktik kerja humas harus mamiliki kemampuan untuk berpikir out of the box, mampu menangkap perhatian audiens, dan membangun hubungan yang kuat dengan mereka melalui komunikasi yang efektif dan menarik.
 Dalam era digital yang terus berkembang, peran Humas menjadi semakin penting dalam membangun dan memelihara hubungan positif dengan publik melalui berbagai platform digital. Praktik kerja di bidang Humas tidak lagi hanya tentang mengirimkan press release atau mengatur acara, tetapi juga harus mampu lebih kreatif dan adaptif dalam memanfaatkan teknologi dalam berkomunikasi dengan publik
 Dengan demikian, praktik kerja Humas dalam era digital bukan hanya berkomunikasi, tetapi juga menjadi lebih peka terhadap cara kita memahami, berinteraksi, dan mempengaruhi audiens secara online. Hal ini menuntut para praktisi untuk terus belajar, beradaptasi dengan berbagai cara untuk meningkatkan dan mengoptimalkan strategi komunikasi digital mereka. Â
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H