Berdasarkan data laporan aplikasi Qlue Jakarta Smart City pada bulan November, Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta telah menyelesaikan laporan warga dengan persentase seratus persen (100%), total ada 123 laporan terkait pengemis, lanjut usia telantar dan Orang Dengan Masalah Kejiwaan (ODMK) yang telah diselesaikan.
Kondisi tersebut meningkat dibanding bulan sebelumnya, pada bulan Oktober, ada 120 laporan yang harus ditindaklanjuti oleh Dinas Sosial, namun hanya 115 laporan yang diselesaikan sedangkan 5 laporan lagi masih diproses dan masih menunggu nol laporan.
Rini juga mengatakan, khusus pada bulan November lalu, terjadi peningkatan yang cukup signifikan karena semua laporan berhasil diselesaikan oleh petugas. Tidak ada laporan yang masih proses atau menunggu untuk ditindaklanjuti.
Menurut data yang didapat dari Qlue, petugas P3S Suku Dinas Sosial Kota Administrasi Jakarta Timur telah merespon laporan dengan persentase kecepatan waktu mencapai 70 %.
Ia menjelaskan, tujuan pemberian penghargaan ini sebagai upaya melayani warga DKI, ini juga untuk membangun kepercayaan publik agar ikut bersinergi dengan pemerintah mengatasi permasalahan sosial di DKI Jakarta.
Selain laporan melalui aplikasi Qlue, sebenarnya warga juga bisa ikut berpastisipasi melalui call center 112, serta media sosial seperti twitter di @DinsosDKI1, facebook di Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta dan instagram di dinas_sosial_jakarta.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H