Mohon tunggu...
Dinna Anggraini
Dinna Anggraini Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Suka bermain basket

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Peralihan Masa SMA ke Masa Perkuliahan

18 Oktober 2022   18:54 Diperbarui: 18 Oktober 2022   19:00 66
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Peralihan masa SMA ke masa perkuliahan

kamis,1 september 2022 hari dimana aku mengikuti PBAK jurusan. Tepat pukul 04.30 WIB aku bangun dari tidur yang tidak nyenyak karena semalaman aku tidak tidur memikirkan apa yang terjadi dan bagaimana rasanya mengikuti PBAK jurusan sebab aku adalah orang yang suka memikirkan sesuatu berlebihan. Seperti biasa sehabis mandi dan shalat subuh aku sarapan lalu bergegas menuju kampus UIN. Mamaku pun sangat senang karena hari itu adalah hari pertama aku masuk ke kampus sampai- sampai beliau menunggu ku sampai pulang.Beliau mengambil foto dari jauh dan lalu mengabadikannya di status Whatsapp.

Saat tiba disana aku pun mencari temanku ternyata mereka sudah lebih dulu baris di samping fakultas ekonomi dan bisnis.Akupun baris di belakang dan berpisah sejenak dari teman-temanku.Kami semua berbaris karena ada pengecekan atribut yang dikenakan dan barang-barang yang harus dibawa.Karena hari pertama banyak sekali kesalahan yang aku perbuat diantaranya,tidak memakai dalaman kerudung,celana panjang,kaos kaki panjang.Lalu kami semua yaitu peserta tidak diperbolehkan mengenakan makeup dan membawa makeup namun pada hari itu aku membawa sunscreen dan minyak wangi.

Saat tiba tas dan atributku diperiksa.kakak tingkat itu berkata " dalaman kerudung,kaos kaki panjang,celana panjang pakai gk?pake make up dan bawa make up gak?".Kating itu berbicara dengan muka judes yang membuat aku merasa panik dan takut.Aku pun menjawab"tidak pakai kaa.kalau sunscreen bawa tapi itu kan bukan termasuk kedalam makeup kan ".Barangku tidak ada yang disita karena masih dimaklumi hari itu adalah hari pertama tapi kesalahanku tetap dicatat di buku biru dan kertas lembar.

Setelah pemeriksaan aku pun mengikuti arahan untuk baris di kelompok batosai masing-masing.Aku mendapatkan kelompok 25,saat itu aku salah berbaris pantas saja tidak ada yang aku kenal satu pun dan tidak ada yang mengenaliku.Dari jauh teman sekelompokku hanya tertawa dan bilang"Dinna lu ngapain disitu itu kelompok siapa ini lu."Aku pun berjalan kearah kelompokku sambil tertawa tidak bersuara karena menahan rasa malu.Setelah itu aku seperti teman- teman yang lain mengikuti PBAK dengan baik.

Ya aku merasakan hal berbeda saat aku menjadi mahasiswa dan menjadi pelajar, mulai dari lingkungan nya, metode belajar nya, dan banyak lagi hal berbeda yang aku temukan.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun