Mohon tunggu...
Dini Salamah
Dini Salamah Mohon Tunggu... Guru - Mahasiswi INISNU Temanggung

Menulis

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Kontribusi Pengalaman Praktik Kerja Lapangan (PPL) Mahasiswa PIAUD dalam Menerapkan Ilmu di Lembaga Anak Usia Dini

2 Oktober 2024   08:38 Diperbarui: 2 Oktober 2024   08:40 31
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Pengalaman Praktik Kerja Lapangan menjadi salah satu kewajiban serta komponen penting bagi mahasiwa. Terutama mahasiswa calon pendidik yang nantinya akan menjadi guru. Tidak terkecuali calon-calon guru di lembaga Pendidikan Islam Anak Usia Dini. Pengalaman Praktik Kerja Lapangan membuka kesempatan bagi seluruh mahasiswa untuk menyalurkan ilmu yang telah di dapat selama mengenyam pendidikan diperguruan tinggi. 

 Pengalaman Praktik Kerja Lapangan menjadi aksi nyata dalam memberikan pengalaman langsung dilapangan. Dalam menerapkan ilmu dilembaga anak usia dini, Pengalaman Praktik Kerja Lapangan berkontribusi diantaranya: Pertama, Mengimplementasi Teori ke Praktik. melalui Pengalaman Praktik Kerja Lapangan, mahasiswa dapat terjun langsung ke lapangan untuk menerapkan teori-teori pendidikan yang telah di pelajari selama di bangku perkuliahan. Mahasiswa dapat merubah, mengadopsi bahkan memodifikasi metode pembelajaran yang di sesuaikan dengan perkembangan zaman maupun karaktersitik lembaga PAUD tersebut. 

Kedua, Mengembangkan Kompetensi Pedagogik. Pengalaman Praktik Kerja Lapangan menjadi ladang mahasiswa dalam mengembangkan kompetensi pedagogik mereka. Ini mencakup kemampuan mahasiswa dalam menciptakan pembelajaran efektif, menyenangkan bagi anak. jangan sampai pembelajaran justru bersifat kaku, monoton yang akan membuat anak merasa bosan. Disinilah pentingnya peran Pengalaman Praktik Kerja Lapangan dalam mempersiapkan calon-calon guru yang kreatif, inovatif serta profesional. 

Ketiga, Memahami Karakteristik Anak Usia Dini. saat mahasiswa PAUD melakukan Pengalaman Praktik Kerja Lapangan di lembaga Pendidikan Anak Dini. mau tidak mau, mahasiswa harus belajar memahami berbagai karakteristik anak usia dini. Selain itu, mahasiswa juga harus mempelajari 6 aspek perkembangan anak yaitu nilai agama moral, sosial emosional, fisik motorik, kognitif, bahasa, dan seni. Keenam aspek perkembangan ini wajib di ketahui lebih dalam karena pada dasarnya setiap anak adalah unik dan memiliki kepribadian yang berbeda antara satu sama lain. 

Keempat, Mempersiapkan Dunia Kerja. Melalui Pengalaman Praktik Kerja Lapangan, mahasiwa memperoleh gambaran real di lapangan mengenai dunia kerja. Dengan negitu mahasiswa sedikit banyak sudah mengetahui tuntutan, tantangan serta hambatan di dunia pendidikan. sehingga mahasiwwa akan lebih siap saat memasuki dunia kerja. Maka dari itu Pengalaman Praktik Kerja memberikan berbagai kontribusi yang signifikan dalam mengembangkan kompetensi mahasiswa. 

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun