Mohon tunggu...
Dini Alya Firda
Dini Alya Firda Mohon Tunggu... Mahasiswa - Pelajar/Mahasiswa

Mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Universitas Jambi

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Peran Pendidikan Bahasa Indonesia dalam Meningkatkan Kemampuan Berkomunikasi Siswa di Sekolah Dasar

9 Desember 2023   12:35 Diperbarui: 9 Desember 2023   13:19 822
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Peran Pendidikan Bahasa Indonesia untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi siswa sudah tentu penting di dalam sebuah Lembaga Pendidikan. Lalu apa itu Pendidikan? Pendidikan adalah suatu proses pembelajaran yang bertujuan untuk mengembangkan potensi diri manusia dalam berbagai aspek, seperti pengetahuan, keterampilan, sikap, nilai, dan budaya. Pendidikan dapat terjadi di berbagai lingkungan, seperti keluarga, sekolah, Masyarakat, atau organisasi. Pendidikan juga dapat dilakukan secara formal ataupun informal, tergantung pada jenis tujuan dan sumbernya.

Pendidikan bahasa adalah salah satu aspek penting dalam proses pembelajaran, karena bahasa adalah alat komunikasi yang digunakan untuk menyampaikan informasi, gagasan, perasaan, dan pemikiran. Pendidikan bahasa juga berperan dalam membentuk karakter, identitas, dan budaya siswa. Oleh karena itu, pendidikan bahasa harus di berikan dengan cara yang efektif, kreatif, dan menyenangkan, agar siswa dapat mengembangkan kemampuan berkomunikasi mereka dengan baik.   

Pendidikan Bahasa Indonesia adalah salah satu mata Pelajaran yang harus di ajarkan di sekolah dasar. Bahasa Indonesia adalah Bahasa resmi negara dan Bahasa persatuan bangsa Indonesia. Dengan mempelajari Bahasa Indonesia, siswa dapat mengembangkan potensi diri mereka dalam berbagai bidang, seperti ilmu pengetahuan, seni budaya, dan sosial. Pembelajaran Bahasa Indonesia yang menarik dan relevan dapat membantu menumbuhkan minat siswa pada literasi. Minat ini dapat membawa dampak positif pada kemampuan membaca dan menulis siswa, yang pada gilirannya meningkatkan kemampuan berkomunikasi mereka.

Pendidikan Bahasa Indonesia di SD adalah dasar utama bagi siswa untuk mengembangkan kemampuan berkomunikasi. Menguasai keterampilan dasar seperti pemahaman tata Bahasa, kosa kata, dan struktur kalimat menjadi pondasi penting untuk berkomunikasi secara efektif. Pendidikan Bahasa Indonesia tidak hanya mengajarkan siswa untuk membaca dan menulis, tetapi juga mengembangkan keterampilan berbicara dan mendengarkan. Siswa di ajak untuk berpartisipasi dalam diskusi kelas, presentasi, dan kegiatan berbicara lainnya untuk memperkuat kemampuan berbicara mereka.

Salah satu cara untuk meningkatkan komunikasi siswa adalah dengan menggunakan metode pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan siswa. Beberapa metode pembelajaran yang dapat di gunakan adalah metode bercerita, metode bermain peran, metode diskusi, dan metode show and tell. Metode -- metode ini dapat membantu siswa untuk berlatih berbicara dalam berbagai situasi, topik, dan tujuan, serta meningkatkan keterampilan berbicara mereka, seperti pengucapan, intonasi, pilihan kata, dan struktur kalimat.

Selain itu, pendidikan bahasa juga harus memperhatikan faktor -- faktor yang mempengaruhi kemampuan berkomunikasi siswa, seperti motivasi, minat, bakat, lingkungan, dan latar belakang bahasa siswa. Pendidik harus mampu memberikan stimulus, dukungan, dan umpan balik yang positif kepada siswa, agar siswa merasa percaya diri, nyaman, dan tertarik untuk berkomunikasi dalam bahasa yang di pelajari. Pendidik juga harus mengakomodasi keberagaman bahasa yang ada di antara siswa, seperti siswa dwibahasawan atau siswa yang belajar bahasa asing, agar siswa dapat menghargai dan menghormati bahasa dan budaya.

Bahasa merupakan suatu pelajaran yang sangat penting, maka dari itu seluruh mayoritas di seluruh sekolah atau perkuliahan memiliki pelajaran bahasa, yaitu bahasa indonesia maupun bahasa inggris, karena seperti yang kita ketahui bahwa masyarakat berkomunikasi menggunakan bahasa. Bahkan orang yang berkebutuhan khusus pun memerlukan bahasa, contoh yang dapat di ambil yaitu orang bisu, berkomunikasi dengan mereka sama saja dengan menggunakan bahasa, namun bahasa yang di gunakan yaitu bahasa isyarat atau bahasa yang menggunakan tubuh atau gerakan.

Kemampuan berbahasa yang baik juga memberikan akses siswa terhadap pengetahuan dan informasi yang luas. Bahasa Indonesia adalah medium dalam sumber -- sumber Pendidikan seperti buku, teks, artikel, jurnal, dan media massa. Dengan memahami Bahasa Indonesia dengan baik, siswa dapat membaca dan memahami berbagai bahan bacaan dengan lebih efektif, mengasah kemampuan berpikir kritis, dan mengembangkan kemampuan atau wawasan mereka tentang dunia.

Maka dari itu, bahasa berperan sangat penting dalam pendidikan, dan juga berperan penting dalam meningkatkan cara berkomunikasi siswa. Kadang kala ada salah satu siswa sangat suka dengan pelajaran bahasa dan dengan itu akhirnya dia mengembangkan potensinya melalui cerita atau membuat karya buku dengan bahasa yang dia pelajari.

Dalam era yang terus berubah dan berkembang ini, penting bagi siswa untuk memiliki kemampuan komunikasi yang kuat. Bahasa Indonesia memainkan peran yang tak tergantikan dalam meningkatkan kemampuan komunikasi siswa, membangun identitas dan kesatuan, memberikan akses ke pengetahuan, serta memperkaya kemampuan berpikir kritis. Oleh karena itu, peran Bahasa Indonesia tidak boleh di abaikan, melainkan perlu di tingkatkan guna membantu siswa dalam meraih keberhasilan di masa depan.

Dengan demikian, pendidikan bahasa juga memiliki peran yang sangat penting dalam meningkatkan berkomunikasi siswa. Pendidikan Bahasa Indonesia tidak hanya membantu siswa belajar materi Pelajaran lainnya, tetapi juga membentuk karakter mereka menjadi lebih baik. Dengan begitu, siswa dapat menguasai bahasa, serta dapat berkomunikasi dengan baik dalam berbagai konteks dan situasi. Pemahaman yang baik terhadap Bahasa Indonesia juga dapat mendukung kemampuan belajar siswa di mata Pelajaran lain. Siswa yang memiliki kemampuan berkomunikasi dengan baik cenderung lebih sukses dalam memahami dan menguasai materi Pelajaran.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun