Mohon tunggu...
Dini Haryani
Dini Haryani Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Agribisnis

Saya adalah orang yang memiliki jiwa semangat yang tinggi, selain itu sama memiliki rasa tanggung jawab yang besar atas apa yang telah dibebankan kepada saya. Saya senang membaca dan menonton yang berkualitas dan informasi terkini.

Selanjutnya

Tutup

Sosok

Mantan Pemborong Bangunan Pilih Jadi Peternak Kambing, Hidupnya Lebih Sejahtera

23 Juni 2024   23:40 Diperbarui: 24 Juni 2024   00:05 171
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Lokasi Kandang Kambing

Lebak, Banten - Beralih profesi dari pekerjaan yang sudah lama digeluti memang bukan hal yang mudah. Namun, Pak Suyatin, seorang pria dari Lebak, Banten, membuktikan bahwa hal tersebut bisa dilakukan dengan tekad dan kerja keras.

Selama 15 tahun, beliau bekerja sebagai pemborong bangunan di Jakarta. Namun, seiring bertambahnya usia dan kondisi fisik yang semakin lemah, beliau memutuskan untuk beralih profesi menjadi peternak kambing.

"Fisik saya sudah semakin tua dan lemah, jadi tidak memungkinkan lagi untuk terus bekerja sebagai pemborong bangunan yang membutuhkan tenaga dan pikiran yang kuat," ujar Pak Suyatin. Minggu (23/6/2024).


Keputusan ini didasari oleh beberapa faktor, salah satunya adalah melihat banyaknya limbah rumput di sekitar yang sayang jika tidak dimanfaatkan. Selain itu, beliau ingin memiliki pekerjaan yang lebih ringan dan memungkinkan beliau untuk tetap aktif di usia lanjut kemudian beliau juga melihat peluang bisnis yang menjanjikan dalam peternakan kambing.


"Saya melihat banyak limbah rumput di sekitar sini sayang jika tidak dimanfaatkan. Jadi, saya memutuskan untuk menjadi peternak kambing agar bisa memanfaatkan limbah-limbah tersebut," jelas Pak Suyatin.


Pilihan beliau untuk menjadi peternak kambing terbukti tepat. Setelah tiga tahun, usahanya berkembang pesat. Dari awalnya hanya memiliki beberapa ekor kambing dan kandang kecil saja, kini beliau memiliki peternakan kambing yang besar dan menghasilkan keuntungan yang cukup menjanjikan.


"Alhamdulillah, usaha saya ini berkembang pesat. Saya bisa mencari rumput sendiri dan hasil panennya pun cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari dan untuk membeli bahan-bahan untuk membangun kandang baru," ungkap Pak Suyatin.


Pak Suyatin berharap usahanya dapat terus berkembang dan dapat membantu meningkatkan kesejahteraan hidup masyarakat di sekitarnya.


"Saya ingin peternakan saya ini bisa menjadi contoh bagi orang lain dan dapat membantu meningkatkan ekonomi masyarakat di sekitar sini," kata Pak Suyatin.


Kisah Suyatin menunjukkan bahwa dengan tekad dan kerja keras, siapapun bisa meraih kesuksesan dalam bidang apapun, bahkan setelah beralih profesi di usia yang tidak lagi muda.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosok Selengkapnya
Lihat Sosok Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun