Oleh : Dini Fitriani, S.Pd.,Gr
SMA DU 3 Peteronag Jombang
Moda: Mandiri
Tujuan Pembelajaran Khusus:
CGP dapat mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi ekosistem sekolah.
CGP dapat membedakan pendekatan berbasis aset dan pendekatan berbasis masalah.
CGP memahami pengelolaan sumber daya yang ada di sekolahnya dengan menggunakan pendekatan Pengembangan Komunitas berbasis Aset (Asset-Based Community Development/ABCD).
CGP dapat membedakan tujuh aset utama yang dimiliki lingkungan sekolahnya.
Pertanyaan Pemantik
Bapak/Ibu Calon Guru Penggerak, kali ini kita masuk pada sesi pembelajaran 2, yaitu Eksplorasi Konsep Mandiri. Pada sesi pembelajaran kali ini, Anda akan banyak melakukan eksplorasi mandiri dengan menelaah konsep dasar tentang sekolah sebagai ekosistem, Pendekatan Berbasis Kekurangan dan Pendekatan Berbasis Aset, Sejarah Singkat Pendekatan Asset-Based Community Development, dan aset-aset dalam sebuah komunitas. Aktivitas setelah membaca mandiri dilanjutkan dengan berdiskusi bersama dengan CGP lainnya pada Forum Diskusi. Sebelum melakukan telaah materi, silakan Anda mempelajari terlebih dahulu pertanyaan pemantik berikut ini.
Sebelum melakukan telaah materi, silakan Anda mempelajari terlebih dahulu pertanyaan pemantik berikut ini:
- Apabila kita menganggap sebuah sekolah adalah sebuah ekosistem dengan faktor biotik dan abiotik yang ada di dalamnya, maka faktor-faktor apa saja yang termasuk dalam kelompok biotik dan abiotik?
- Bagaimanakah seharusnya seorang kepala sekolah berperan dalam mengelola ekosistem sekolahnya?
- Kemampuan apa saja yang harus dimiliki oleh seorang kepala sekolah sebagai pemimpin ekosistem sekolah?
- Apa yang harus dilakukan oleh seorang kepala sekolah dalam mengelola sumber daya sekolah secara efektif dan efisien?
- Seberapa besar dampak sumber daya (fasilitas) yang sekolah miliki untuk memfasilitasi proses pembelajaran murid saat ini? Jelaskan!
- Sejauh mana sumber daya sekolah yang kita miliki sudah kita gunakan secara efektif untuk mendukung kualitas pembelajaran di sekolah? Jelaskan!
- Adakah cara alternatif yang bisa kita lakukan untuk memaksimalkan sumber daya yang sudah ada demi meningkatkan kualitas pembelajaran murid?
- Sudahkah sekolah memanfaatkan apa yang ada di lingkungan sekitar? Bagaimana pemanfaatannya?
JAWABAN :
Pertanyaan Pemantik
1. Sekolah adalah sebuah ekosistem dengan faktor biotik dan abiotik yang ada di dalamnya. Faktor-faktor biotik yang ada dalam ekosistem sekolah di antaranya adalah: - Murid - Kepala Sekolah - Guru - Staf/Tenaga Kependidikan - Pengawas Sekolah - Orang Tua - Masyarakat sekitar sekolah - Dinas terkait - Pemerintah daerah Selain faktor-faktor biotik yang sudah disebutkan, faktor-faktor abiotik yang juga berperan aktif dalam menunjang keberhasilan proses pembelajaran di antaranya adalah: Keuangan, Sarana dan prasarana, Lingkungan alamÂ
2. Kepala sekolah sebagai seorang pemimpin seharusnya bisa mengelola segala ekosistem yang ada tersebut dengan baik. terutama melakukan kerjasama yang baik dengan semua yang termasuk ekosistem biotik tersebut.Â
3. Kemampuan memberikan teladan yang baik.Â
4. perlu kerjasama seluruh pihak terkait dalam mengeloa ekosistem secara efektif dan efisien.Â
5. Sumber daya terkait fasilitassangat penting sebagai penunjang proses pembelajaran.Â
6. Saya berusaha memaksimalkan dalam pemakaian lab.bahasa untuk pembelajaran bahasainggris dan Ruang Lab.kom untuk browsing mencari materi b.inggris.Â
7. Untuk menemukan cara alternatif, harus mengetahui permasalahannya dan mendiskusikan (bekerja sama) dengan pihak lainÂ
8. Sekolah sudah memanfaatkan yang ada di lingkungan sekitar. Selain memanfaatkan sarana prasarana yang ada, sekolah juga memanfaatkan barang lain secara maksimal.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H