**Teori Belajar Sosial Albert Bandura**
Teori belajar sosial yang dikembangkan oleh Albert Bandura adalah salah satu teori psikologi paling berpengaruh dalam memahami bagaimana manusia belajar dan berperilaku. Teori ini menekankan pentingnya interaksi antara individu dan lingkungan sosial dalam proses belajar. Dalam artikel ini, kita akan membahas konsep utama dari teori belajar sosial, eksperimen terkenal yang mendukungnya, dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
### **Pendahuluan: Konsep Dasar Teori Belajar Sosial**
Albert Bandura, seorang psikolog asal Kanada, mengemukakan teori belajar sosial pada pertengahan abad ke-20. Ia percaya bahwa pembelajaran tidak hanya terjadi melalui pengalaman langsung (trial and error) tetapi juga melalui observasi atau pengamatan terhadap orang lain. Menurut Bandura, individu dapat belajar dengan memperhatikan perilaku orang lain, memahami konsekuensi dari perilaku tersebut, dan kemudian menirunya.
Konsep utama dalam teori ini mencakup:
1. **Observational Learning (Belajar melalui Observasi)**Â Â
  Individu belajar dengan mengamati perilaku orang lain, yang dikenal sebagai model. Model ini dapat berupa orang tua, guru, teman, atau bahkan tokoh dalam media.
2. **Modeling (Pemodelan)**Â Â
  Modeling adalah proses di mana individu mengamati perilaku model dan mencoba menirunya. Pemodelan dapat melibatkan perilaku positif maupun negatif, tergantung pada apa yang diamati.
3. **Reinforcement dan Punishment (Penguatan dan Hukuman)**Â Â
  Belajar melalui observasi tidak hanya bergantung pada pengamatan tetapi juga pada konsekuensi yang dialami oleh model. Jika perilaku model diberi penghargaan, individu cenderung menirunya. Sebaliknya, jika perilaku tersebut dihukum, individu mungkin akan menghindarinya.