Mohon tunggu...
charirotud diniaulia
charirotud diniaulia Mohon Tunggu... Guru - charirotud dini aulia

dini tinggal di desa Sukosono Kedung Jepara, Tempat Tanggal Lahirnya 05 Desember 2000, dia kuliah di Universitas Nahdlatul Ulama Jepara

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Karakteristik Peserta Didik

3 November 2019   15:14 Diperbarui: 3 November 2019   15:20 268
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

ANALISIS KARAKTERISTIK SISWA PADA TINGKAT SEKOLAH DASAR

Oleh : Jauharotun Alfin

Dalam perencanaan pembelajaran sangat dibutuhkan kemampuan, keterampilan dan kejelian desainer pembelajaran untuk menganalisis situasi dan keadaan tertentu siswanya. Setiap siswa dan kelompok kelas memiliki karakter dan kemampuan yang berbeda, sehingga perlakuan yang sama terhadap semua siswa dan kelompok kelas justru akan mengakibatkan kurang maksimalnya proses pembelajaran. Oleh karenanya salah satu tahap penting dalam proses perencanaan pembelajaran yang penting adalah melakukan analisis karakteristik siswa.

Karakteristik siswa di tingkat sekolah dasar itu berbeda dengan mereka yang berada pada tingkat sekolah menengah. Pola pikir, persepsi dan cara mengatasi masalah yang mereka tempuh sangat berbeda.

Pada hal ini bisa di simpulkan bahwa karakteristik anak itu berbeda beda ataupun tidak sama ada yang sangat mudah untuk di atur ada yang sangat susah ada yang biasa saja dan lain srebagainya dan pada hal ini adapun pendekatan pada anak itu pun berbeda-beda, biasanya pendekatan pada anak itu dengan cara yang sangat halus dan ada wibawa yang sangat harus di tonjolkan. Agar pesrtadidik tidak menyepelekan apa yang kita ucapkan. Biasanya apabila yang bicara dengan  cara yang tidak ada wibawanya akan di anggap sepele oleh pesertadidik tersebut.

Karakteristik peserta didik yang akan menempuh program pembelajaran, perlu diketahui oleh guru untuk memudahkan dalam menentukan tujuan, metode, dan media pembelajaran, serta materi pelajaran yang dapat digunakan untuk memfasilitasi proses belajar peserta didik. Karakteristik peserta didik yang perlu dianalisis oleh guru meliputi :

  • Karakteristik umum.
  • Kompetensi awal.
  • Gaya belajar.
  • Motivasi.

Karakteristik umum meliputi faktor-faktor kecerdasan, usia, kondisi sosial, dan ekonomi. Faktor ini merupakan karakteristik yang bersifat umum yang secara tidak langsung ikut memengaruhi keberhasilan peserta didik dalam menempuh aktivitas pembelajaran. Sedangkan kompetensi awal merupakan kemampuan yang telah dimiliki oleh peserta didik sebelum mengikuti program pembelajaran. Kompetensi yang telah dimiliki sebelum mengikuti program pembelajaran disebut dengan istilah entry behavior. Sedangkan kompetensi yang perlu dimiliki atau dipersyaratkan sebelum mengikuti program pembelajaran disebut dengan istilah keterampilan prasyarat atau prerequisite skill.

Memahami hiterogenitas siswa berarti menerima apa adanya mereka dan merencanakan pembelajaran sesuai dengan keadaannya. Program pembelajaran din sekolah dasar akan berlangsung efekif jika sesuai dengan karakteristik siswa yang belajar.

Gaya belajar adalah kecenderungan yang dimiliki oleh peserta didik dalam melakukan proses belajar. Gaya belajar juga dapat dimaknai sebagai kesukaan atau preferensi seseorang dalam melakukan proses belajar. Karakteristik lain yang perlu dipertimbangkan adalah motivasi. Motivasi adalah dorongan yang terdapat dalam diri peserta didik untuk melakukan suatu tindakan. Motivasi belajar yang terdapat dalam diri peserta didik dapat digolongkan sebagai motivasi intrinsik dan motivasi ekstrinsik. Motivasi yang berasal dari dalam yang mencerminkan kecintaan (passion) terhadap isi atau materi yang dipelajari disebut dengan motivasi intrinsik sementara motivasi yang didasari pada imbalan dari luar disebut sebagai motivasi ekstinsik.

Motivasi sangat memicu semangat bagi anak untuk melakukan belajarar dengan sungguh sunguh. Seperti dalam kepramukaan apabila sudah ada kemauan yang sungguh sungguh maka anak tersebut akan bersemangat untuk melakukan kegiatan latihan rutin.

Hal lain yang juga perlu diperhatikan dalam menerapkan model desain pembelajaran adalah kecerdasan majemuk atau multiple intelligences. Gardner membagi kecerdasan itu dalam 8 kecerdasan (1) kecerdasan matematis logis (2) kecerdasan visual/spasial (3) kecerdasan kinestetik tubuh (4) kecerdasan musikal/ritmis (5) kecerdasan verbal/linguistik (6) kecerdasan interpersonal (7) kecerdasan intrapersonal dan (8) kecerdasan naturalistik. Karakteristik umum, kemampuan atau kompetensi awal, gaya belajar dan motivasi merupakan informasi yang perlu diketahui guru sebelum melaksanakan program pembelajaran. Dengan informasi ini, guru dapat mendesain pembelajaran yang dapat mengakomodasi kebutuhan belajar peserta didik sekolah dasar yang juga memfasilitasi peserta didik untuk mencapai kompetensi yang diinginkan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun