Mohon tunggu...
Dini AuliaTanjung
Dini AuliaTanjung Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

KKN MIT DR 12 UIN WALISONGO Semarang

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Seribu Pohon untuk Lingkungan

19 Agustus 2021   14:45 Diperbarui: 19 Agustus 2021   14:51 205
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kendal -- Dalam memperingati Hari Ulang Tahun Republik Indonesia yang ke 76, anggota KKN Mandiri  Inisiatif Terprogram Dari Rumah ke 12 kelompok 44 melakukan penanaman 1000 pohon di lokasi KKN yang bertempat di Desa Tambahsari, Kendal.

Tanam pohon dilakukan pada hari Selasa, 17 Agustus 2021, dihadiri langsung oleh Bapak Jiman selaku Kepala Desa, anggota perangkat desa serta warga disekitar desa Tambahsari. Warga beserta anggota kelompok 44 KKN MIT DR 12 gotong royong membersihkan lahan untuk tempat penanaman. 

Membersihkan lahan dengan cara membersihkan rumput dan membuat tempat penanaman bibit. Alat yang digunakan untuk membersihkan lahan menggunakan mesin pemotong rumput dan juga parang. Cangkul juga digunakan untuk membuat lubang penanaman bibit. Lahan yang dipilih untuk menanam pohon adalah lahan milik Karang Taruna desa. Sehingga nantinya pohon yang ditanam akan berguna bagi warga di sekitar desa.

Bibit pohon yang dipilih untuk ditanam terdiri dari tiga macam yaitu pohon durian sebanyak 400 bibit, pohon alpukat sebanyak 400 bibit dan pohon ketapang  sebanyak 200 bibit. Pupuk yang dipakai dalam penanaman pohon menggunakan pupuk kandang. Pupuk kandang dipakai karena terdapat peternakan unggas disekitar desa dan pupuk kandang dianggap sebagai pupuk organik yang baik untuk tanaman.

"Harapan dari program tanam bibit kedepanya bisa dimanfaatkan oleh masyarakat kami, terutama untuk kegiatan pemuda selanjutnya. Setelah nanti selesai, bisa dilanjutka perawatannya oleh masyarakat terutama pemuda" ujar Kepala Desa Bapak Jiman. 

Pemilihan lahan juga sangat berperan penting dalam pertumbuhan dan perkembangan bibit pohon yang akan ditanam. " program  penanaman bibit sangat bagus untuk masyarakat disini, dikarenakan tanahnya subur untuk menaman pohon. Desa juga memiliki lahan yang luas untuk menanam pohon" kata pak Jiman.

Terlaksananya penanaman 1000 pohon menandakan bahwa program kerja kelompok 44 KKN MIT DR 12 sudah terlaksana. Adapun program kerja yang dilakukan yaitu "Tambahsari Berseri" sebagai perwujudan Go Green untuk menciptakan lingkungan yang lebih sehat dan asri.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun