Mohon tunggu...
DINI SELASI
DINI SELASI Mohon Tunggu... Dosen - Universitas Islam Bunga Bangsa Cirebon

ibu rumah tangga yang suka menulis

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Kesalahan bagi Pebisnis Pemula pada Bisnis Digital Marketing

20 Juni 2023   10:14 Diperbarui: 20 Juni 2023   10:56 67
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Digital marketing menjadi bagian penting dalam sistem perdagangan saat ini, dilakukan oleh berbagai kalangan baik yang baru memulai, usaha yang sudah ada yang melakukan perubahan pada sistem pemasarannya maupun bagi para pebisnis yang sudah mempuyai perusahaan besar. Strategi pemasaran yang dilakukan oleh para pebisnis lama akan berbeda dengan para pebisnis pemula, mereka sudah tidak perlu melakukan banyak promosi karena mereka sudah bekerjasama dengan para klien dalam jangka waktu yang panjang, sementara bagi pebisnis pemula masih harus berjuang untuk melakukan pemasaran. Pebisnsi pemula merupakan pebisnis yang baru memulai perjalanan bisnisnya, mungkin mereka memiliki ide dari diri sendiri, orang lain maupun lingkungan kemudian berkembang melalui upaya untuk menciptakan bisnis mereka sendiri namun demikian sebagai pemula mereka harus tetap memerlukan pembelajaran dan belajar dengan berbagai cara untuk menjalankan bisnis secara efektif dan efisien untuk tetap bertahan dalam dunia bisnis. 

Bagi pebisnis pemula harus mempertimbangkan beberapa hal seperti 1) ide bisnis ; pebisnis pemula harus memiliki ide sesuai dengan minat dan keahlian, melakukan riset pasar juga melakukan analisa terhadap permintaan pada produk yang akan di tawarkan pada pasar 2) mempunyai cukup rencana bisnis ; rencana bisnis membantu untuk menggambarkan visi, misi, strategi pemasaran, target pasar, sistem keuangan dan untuk mencari modal bisnis 3) skill ; keahlian ini bisa di dapat dari berbagai cara misalnya mengikuti pelatihan, seminar, kursus yang sesuai dengan bisnis yang akan di jalankan selain itu keahlian yang harus dimiliki adalah dengan memahami ilmu manajemen, marketing, keuangan dan lainnya 4) jaringan ; sebagai pebinis pemula jaringan sangat penting sebagai jalan untuk membuat peluang binis dengan bergabung dengan berbagai komunitas bisnis, berinteraksi dengan para pebisnis dengan minat dan tujuan yang sama juga membuka kolaborasi sebagai peluang baru bisnis 5) pengelolaan keuangan ; pengelolaan keuangan menjadi sangat penting bagi pemula karena biasanya sistem keuangan masih akan tercampur dengan keuangan pribadi sehingga perlunya membuat anggaran dan perencanaan keuangan yang baik 6) fokus pada pelanggan ; pelanggan sebagai aset bisnis sehingga berusahalah untuk tetap memenuhi keinginan dan kebutuhan pelanggan dan pelanggan sebagai konsultan terbaik yakni kita sebagai pemula harus siap untuk mendapatkan saran dan kritik dari konsumen 7) konsisten ; menjalankan bisnis butuh konsistensi yang tinggi karena yang bisa membedakan dengan pengusaha lain adalah konsistensi kita dalam berbisnis untuk jangka panjang. 

Sisi lainnya adalah kesalahan para pebisnis pemula dalam dunia digital markekting mereka tidak memiliki main map dalam menjalankan bisnisnya, ada beberapa main map yang harus diperhatikan oleh para pebisnis pemula yakni :

1. Traffic yakni stregi dalam mengoptimalisasikan SEO atau search engine optimization untuk meningkatkan organic traffic dapat juga dilakukan dengan menggunakan iklan berbayar kemudian fungsi dari traffic lainnya adalah untuk membangun penggunaan media sosial atau disebut sosial media traffic, jenis lainnya adalah referral trafic dimana adanya kerjasama dengan traffic yang ada pada situs web lain juga dapat menciptakan konten yang menarik bagi mereka. Direct traffic dapat dilakukan dengan cara memberikan secara langsung URL atau melalui bookmark sehingga pengguna akan lebih mengingat situs web yang kita miliki.

2. Conversion ; dapat dilakukan dengan cara mengoptimalkan a) optimasi yakni upaya yang dilakukan dengan tujuan untuk membuat konten yang menarik untuk meningkatkan kinerja dan promosi pada pemasaran digital, strategi ini bertujuan untuk meningkatkan konversi, mencapai target konsumen. Jenis optimasi dapat dilakukan ; optimasi konten, email, tautan dan referal, SEO, media sosial. b) copywriting ; upaya yang dilakukan untuk menjelaskan produk kita secara detail, dapat dilakukan dengan cara soft selling, hard selling, story selling, cover selling. c) teknik closing ; sebagai bagian dari customer service dimana mereka yang bertugas langsung mengadakan komunikasi dengan para konsumen, melakukan pembicaraan langsung dan bertransaksi langsung. d) personal branding ; branding menjadi sangat penting untuk memberikan kepercayaan kepada konsumen dan membuat konsumen akan kembali membeli produk kita.

3. Relationship ; hubungan ini sangat penting dalam bisnis tidak hanya untuk mencari konsumen tetapi bagaimana hubungan ini bertahan dalam waktu panjang yang dapat dilakukan dengan cara ; menggunakan list building yakni dengan membangun data base konsumen dan customer relationship management atau CRM dengan tujuan untuk membangun loyalitas pelanggan, bisa dilakukan dengan cara adanya pelayanan after sale, loyalty program, membership, membentuk grup atau komunitas.

4. Operation ;  sebagai rangkaian aktivitas dan proses yang dilakukan dengan melibatkan pengelolaan dan pelaksanaan strategi pemasaran untuk mencapai tujuan bisnis, membangun tim yang solid. Ada beberapa aspek yang bisa dilakukan dalam sistem operasi yakni perencanaan, pembuatan konten, pengelolaan sosial media, optimalisasi web dan iklan, pengelolaan data base, evaluasi.

5. Soft skill ; dalam pemasaran digital perlu diperhatikan tentang kemampuan soft skill karena hanya 10% saja pemasaran digital itu ditentukan secara teknik namun hampir 90% ditentukan oleh softskill. Ada beberapa skil soft skill yang harus dimiliki oleh para pebisnis pemula yakni a) Do'a ; karena do'a merupakan penentu dari semua ikhtiar yang dilakukan. b) self management; luruskan mindset, productivity, conversion, mentality. c) value ; ada prinsip yang harus dikuatkan dan dipegang secara baik secara bisnis d) leadership, untuk membentuk tim yang loyal dan solid. e) komunikasi ; kuasai tentang public speaking, networking dan negosiasi.

Dalam digital marketing banyak yang perlu dipelajari dari berbagai sisi, tidak hanya sebatas bagaimana produk kita laku di pasaran tetapi ada softskill yang harus dikuasai, harus melakukan pengukuran dan analisa terhadap pemasaran yang sudah kita lakukan, optimalkan berbagai teknik dalam digital marketing. Belajar dari kesalahan merupakan hal yang wajib dilakukan untuk memberikan hasil maksimal dan penentuan strategi pemasaran selanjutnya.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun