Mohon tunggu...
Dinda Rofiqotun Nikmah
Dinda Rofiqotun Nikmah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Saya seorang mahasiswa program studi matematika yang juga menyukai bidang jurnalistik, selain itu saya juga telah tergabung dalam beberapa platform kepenulisan.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Peranan KKM 142 UIN Malang dalam Gebrakan Memajukan UMKM Desa Wonorejo, Poncokusumo

14 Januari 2023   13:48 Diperbarui: 14 Januari 2023   14:05 316
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendataan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan salah satu program kerja yang dilakukan oleh Mahasiswa KKM UIN Malang kelompok 142 yang bertempat di desa Wonorejo Kec.Poncokusumo Kab.Malang. Kegiatan ini bertujuan untuk melakukan pendataan UMKM  agar dapat ditampilkan dalam website desa sehingga dapat memudahkan pencarian dan kegiatan jual beli di desa Wonorejo.

Saat ini sejumlah 15 UMKM sudah berhasil terdata dan ditampilkan dalam website desa Wonorejo dan kurang lebih 35  UMKM di desa Wonorejo belum terdata dan belum ditampilkan di website desa Wonorejo.Oleh karena itu, mahasiswa  KKM UIN Malang kelompok 142 diminta bantuan untuk melakukan survey pada 35 UMKM yang belum terdata tersebut. Survey dilakukan ini selain bertujuan untuk mendata UMKM juga berguna untuk membantu permasalahan-permasalan UMKM yang ada di desa Wonorejo. 

Kunjungan ke salah satu UMKM yang ada di Desa Wonorejo (Dok. pribadi)
Kunjungan ke salah satu UMKM yang ada di Desa Wonorejo (Dok. pribadi)

Permasalahan yang sering terjadi salah satunya adalah  masih banyak UMKM yang belum memiliki Nomor Izin Berusaha (NIB) yang mana NIB ini sangat penting bagi UMKM terutama apabila UMKM tersebut ingin mendapatkan bantuan modal dari pemerintah.

Selain permasalahan diatas, terdapat juga permasalahan lain yaitu hampir semua UMKM di desa Wonorejo masih belum menggunakan media sosial dan e- commerce sebagai media promosi produk sekaligus media menjual produk. Mayoritas UMKM di desa Wonorejo masih menggunakan media promosi dari mulut ke mulut saja, sehingga menyikapi fenomena tersebut  mahasiswa KKM UIN Malang menyarankan kepada beberapa UMKM untuk melakukan promosi online menggunakan social media seperti intragram dan facebook. Selain itu, penjualan produk  terutama produk makanan pun juga disarankan menggunakan  media e commerce seperti gofood, grabfood, shopeefood dan lain sebagainya (Caca/dnd)

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun