Dengan terpaan teknologi baru yang selalu menghadirkan berbagai pilihan bagi seluruh masyarakat di dunia, tak heran teknologi baru sudah banyak yang digunakan dalam rangka memajukan dan meningkatkan sektor-sektor yang telah berkembang sejak lama. Teknologi baru seringkali dikembangkan dengan pola pikir dan  tujuan untuk mempermudah pekerjaan manusia. Pada dasarnya bisa dikatakan bahwa teknologi baru dikembangkan oleh manusia untuk membantu manusia lain. Telah banyak inovasi yang dikembangkan dan diimplementasikan pada kehidupan sehari-hari masyarakat di seluruh dunia. Pemanfaatan teknologi baru tidak hanya dirasakan oleh masing-masing individu saja, namun teknologi baru juga banyak dimanfaatkan dalam skala yang lebih besar. Pada skala yang lebih besar, teknologi digunakan untuk melancarkan dan meningkatkan kecepatan proses pencapaian suatu tujuan dari suatu industri dan sektor-sektor yang menggunakannya. Bisa dikatakan bahwa manfaat dari teknologi baru dalam keberlanjutan ilmu pengetahuan dan teknologi di berbagai tingkatan mulai dari profesional hingga di kehidupan sehari-hari dan juga pada perkembangan suatu sektor industri memiliki peran yang sangat penting.Â
Transformasi digital merupakan proses yang radikal/luar biasa dimana proses tersebut melibatkan sumber daya yang dimiliki termasuk memanfaatkan teknologi digital yang ada saat itu untuk menghasilkan luaran dari organisasi untuk memberikan pengalaman baru (Hadiono & Santi, 2018). Pengalaman baru memiliki berbagai wujud dan merupakan suatu nilai baru yang didapatkan oleh konsumen, contohnya seperti kemudahan transaksi, belanja, komunikasi, dan lain-lain. Dari hadirnya teknologi baru di berbagai sektor industri juga menghadirkan tantangan-tantangan baru di dalamnya. Beredarnya hoax juga menjadi salah satu tantangan besar dari hadirnya teknologi baru karena terdapat berbagai sumber informasi yang bisa menjadi referensi banyak orang, maka dari itu perlu kewaspadaan dalam menangani dampak dari gempuran teknologi baru dan apa dampaknya kepada masyarakat.
Dari sekian banyak industri seperti industri perbankan, otomotif, tekstil dan pakaian, pertanian, dan lain sebagainya, yang mulai menerapkan teknologi baru untuk membantu dalam peningkatan layanan mereka dan memberikan pengalaman baru kepada konsumen adalah di sektor kesehatan. Sektor kesehatan sudah banyak memanfaatkan hadirnya teknologi baru. Salah satu teknologi baru yang kerap digunakan pada sektor kesehatan tersebut adalah penggunaan teknologi digitalisasi dalam rangka memberikan efisiensi kepada pasien/calon pasien dan bahkan hingga memberikan informasi lengkap mengenai suatu permasalahan kesehatan, salah satunya dengan memberikan pelayanan konsultasi kesehatan secara digital. Hal tersebut membuktikan bahwa pengaruh teknologi baru sudah hadir di kehidupan sehari-hari sebagai sarana pembantu dalam tugas yang berhubungan dengan penyelesaian permasalahan. Terdapat 4 faktor pendorong terjadinya transformasi digital tersebut, yaitu: (a) perubahan regulasi; (b) perubahan lanskap persaingan; (c) pergeseran/perubahan ke bentuk digital dari industri; (d) perubahan perilaku dan harapan konsumen (Osmundsen, Iden, & Bygstad, 2018)
Konsep tersebut tentunya dimanfaatkan pada sektor yang bergerak di bidang pelayanan kesehatan. Sektor bidang kesehatan ini memanfaatkan dengan baik kencangnya terpaan penggunaan teknologi baru. Keterlibatan teknologi baru dalam bidang kesehatan berjalan beriringan antara satu sama lain. Segala terobosan yang muncul di ranah kesehatan tidak luput dari pengaruh kecanggihan teknologi yang mendorong inovasi-inovasi baru dalam membantu masyarakat. Banyak tenaga medis maupun tenaga kesehatan yang mendorong penemuan-penemuan baru dalam rangka memajukan penyebaran ilmu pengetahuan di bidang kesehatan. Maka dari itu, di era saat ini sudah banyak teknologi baru yang dimanfaatkan dalam rangka menyebarkan ilmu dan inovasi baru kepada masyarakat untuk memajukan komunikasi kesehatan kepada khalayak luas.
Penyampaian informasi mengenai kesehatan menjadi hal yang memiliki urgensi penting karena ilmu mengenai kesehatan yang akurat dan sesuai fakta perlu disampaikan dalam rangka memberikan informasi yang mumpuni kepada masyarakat luas. Berbagai problematika yang dihadapi mengenai kesehatan seseorang dalam rangka menyelesaikan permasalahan tersebut tentunya memerlukan sumber informasi yang bisa digunakan sebagai acuan dalam melakukan tindakan preventif ataupun memberikan informasi lebih mengenai hal itu. Dalam menyelesaikan permasalahan yang berhubungan dengan kesehatan seseorang, sumber informasi yang faktual dan terpercaya menjadi poin penting. Maka dari itu mulai hadir banyak sumber informasi yang bisa diakses melalui telepon pintar (smartphone) untuk memberikan informasi mengenai kesehatan di kalangan masyarakat. Hasil dari adanya teknologi baru itu adalah hadirnya aplikasi kesehatan yang menawarkan layanan kesehatan dan juga informasi mengenai kesehatan yang beragam lalu bisa diakses kapanpun dan dimanapun.
Aplikasi telemedicine yang hadir di kalangan masyarakat merupakan salah satu contoh teknologi baru yang diadopsi dalam bidang kesehatan dalam rangka membantu masyarakat dalam pencarian sumber informasi dan juga pelayanan yang berhubungan dengan kesehatan dari jarak jauh. Aplikasi seperti Alodokter, Halodoc, Klikdokter dan lainnya merupakan beberapa aplikasi telemedicine yang ramai digunakan oleh masyarakat di Indonesia. Aplikasi telemedicine tersebut memberikan layanan yang beragam dalam rangka memfasilitasi pengguna untuk bisa mendapatkan informasi yang diinginkannya. Mengambil contoh layanan dari salah satu aplikasi telemedicine, layanan pada aplikasi mereka meliputi chat dengan berbagai jenis dokter seperti dokter spesialis dan juga berbagai ahli medis yang profesional dimana layanan ini bisa langsung dilakukan ataupun dijadwalkan. Mereka juga menyediakan layanan panggilan suara hingga video untuk membantu pengguna dalam menyampaikan keluhannya. Selain itu mereka juga memberikan layanan untuk membeli obat, alat medis dan produk kesehatan lainnya yang bisa dikirimkan ke alamat yang dituju. Lalu mereka juga menyediakan layanan lainnya yang bisa dilaksanakan di rumah. Seluruh layanan tersebut bisa dijangkau dengan menggunakan aplikasi yang ada di telepon pintar/smartphone masing-masing. Jadi tidak hanya saran medis, namun pengguna juga bisa mendapatkan tindakan medis yang disediakan oleh aplikasi tersebut.Â
Hal tersebut membuktikan bahwa teknologi baru memang memiliki manfaat yang bisa membantu banyak orang dalam mendapatkan pertolongan medis sesuai kebutuhan mereka masing-masing cukup dengan memiliki aplikasi medis seperti yang diceritakan pada contoh sebelumnya. Komunikasi kesehatan juga semakin meningkat di masyarakat dikarenakan sumber informasi yang tersedia semakin mudah untuk dijangkau oleh berbagai kalangan masyarakat. Kepercayaan terhadap aplikasi telemedicine tersebut berdampak kepada terdorongnya perubahan perilaku masyarakat yang sebelumnya tidak mengetahui menjadi mengetahui mengenai informasi kesehatan tertentu. Pernyataan yang mengatakan bahwa hadirnya teknologi baru bisa membantu manusia dengan permasalahannya juga bisa dikatakan benar karena memang dari keadaan saat ini yang semakin canggih dan penggunaan teknologi baru menjadi semakin masif digunakan, banyak masyarakat merasa terbantu oleh kehadiran teknologi tersebut untuk mendapatkan informasi yang nantinya akan membantu tindakan lanjutan dari informasi yang didapatkan.Â
Tantangan dari hadirnya teknologi baru pada komunikasi kesehatan juga perlu menjadi perhatian agar segera ditemukan jawaban dari tantangan yang hadir di tengah masyarakat. Penggunaan telemedicine yang dilakukan melalui platform online bukan hanya membutuhkan literasi digital tetapi juga trust (kepercayaan) dari masyarakat (Parani & Purba, 2022). Kepercayaan memainkan peran yang vital dalam mendorong keberhasilan program telemedicine. Mengingat hal tersebut, maka dari itu penting adanya sosialisasi dan pembelajaran mengenai teknologi baru yang mutakhir agar penggunaannya bisa dimanfaatkan secara maksimal dan dapat diakses lebih luas kepada seluruh kalangan masyarakat di dunia dan juga tentunya di Indonesia.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H