Mohon tunggu...
Dinda Maharana
Dinda Maharana Mohon Tunggu... Foto/Videografer - Mahasiswa

Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Semiotika dalam Iklan Susu Ultramilk

13 Januari 2025   16:19 Diperbarui: 13 Januari 2025   17:13 25
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Analisis semiotika dalam iklan susu ultramilk

"Apapun passionmu, ambil sendiri langkahmu, dari nutrisi dan rasa terbaik yang selalu ada buat kamu make your move. Ultramilk, make your move"

Dalam kehidupan sehari-hari kita tidak akan luput dengan tanda, tanda biasanya digunakan untuk mewakil benda atau objek, tanda atau simbol dapat membantu kita berkomunikasi dalam kehidupan sehari-hari dengan orang satu dengan orang yang lain. Seperti hal nya tanda dapat digunakan seperti untuk menandai suatu organisasi atau kelompok. Selain itu contoh yang sering kali kita temui yaitu, dilarang parkir, dilarang berhenti, adapun angka kilometer pada sepanjang jalan tol.

Semiotika adalah ilmu yang mempelajari tentang tanda dan proses penandaan (signification) yang terjadi dalam komunikasi yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Teori semiotika dikembangkan oleh beberapa tokoh seperti Charles Sanders Peirce dan Ferdinand de Saussure. Charles Sanders Peirce mengembangkan bahwa teori tanda berdasarkan triadic atau tiga komponen yaitu representamen, objek dan interpretant. Sedangkan Ferdinand de Saussure berpendapat menekankan hubungan antara signifier (penanda) dan signified (petanda).

Analisis: pada iklan susu ultramilk diatas terdapat beberapa unsur semiotika yaitu

1.Indeks : "ambil sendiri langkahmu" adalah indeks dari seseorang yang memeiliki passion apapun, yang mana jika orang memiliki passion maka orang tersebut harus memilih langkahnya sendiri.

2.Ikon : nutrisi dan rasa terbaik merupakan ikon dari susu ultramilk, yang mana untramilk memiliki nutrisi dan rasa terbaik.

3.Simbol : "ultramilk, make your move" adalah simbol dari susu ultramilk, yang mana jika seseorang memilih susu ultramilk untuk dikonsumsi maka make your move (maka konsumen dapat melakukan langkah yang diambil untuk melakukan passionnya).

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun