Mohon tunggu...
Dinda Karunia Putri
Dinda Karunia Putri Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi Universitas Indraprasta PGRI

Hai semuanya!

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Pembelajaran Matematika Pada Materi Geometri melalui Aplikasi Geogebra

14 Juli 2022   08:14 Diperbarui: 14 Juli 2022   09:36 378
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Kemajuan teknologi yang terus berkembang di era modern memberikan peran dalam berbagai bidang salah satunya yaitu bidang pendidikan. Teknologi yang ada saat ini dapat dijadikan sebagai alat untuk mempermudah proses pembelajaran matematika dalam kegiatan belajar mengajar antara guru dan siswa sebagai media pembelajaran matematika untuk mengembangkan dunia pendidikan. Hanipa dkk, (2019: 316) mengatakan bahwa media pembelajaran memberikan manfaat dalam proses pembelajaran yaitu dapat memfokuskan perhatian siswa agar materi yang diajarkan dapat mudah dipahami dengan begitu timbulah motivasi untuk belajar sehingga prestasi siswa dapat meningkat.

Geometri merupakan salah satu materi dalam pelajaran matematika yang sulit untuk dipahami oleh siswa hal ini dikuatkan oleh Gal dan Linchevski dalam Yohanes et al., (2016: 188) yang mengatakan bahwa "dalam belajar geometri yang menjadi kesulitan adalah konfigurasi secara sudut pandang (perceptual organization), pengenalan (recognition), dan representasi dari sudut pandang (representation of perception)". Media pembelajaran matematika yang telah berkembang dan dapat digunakan oleh guru maupun siswa salah satunya yaitu aplikasi Geogebra. Geogebra merupakan program yang dirancang khusus untuk pendidikan yang di dalamnya dapat membantu membentuk titik, garis, bidang, lengkungan, dan masih banyak fungsi lainnya.

Geogebra dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran untuk berbagai aktivitas seperti: 1) sebagai media demonstrasi dan visualisasi, 2) sebagai alat bantu konstruksi, dan 3) sebagai alat bantu proses penemuan, selain itu penerapan Geogebra pada materi geometri yaitu 1) menentukan persamaan garis lurus, serta 2) merefleksikan objek terhadap sebuah garis sumbu (Asngari, 2015: 300 -301). Sedangkan implementasi Geogebra menurut Nur'aini et al., (2017: 3-4) yaitu: 1) dapat menentukan panjang sisi dan sudut kemiringan, 2) menentukan besar sudut pada jam dinding, dan 3) perubahan suatu bangun geometri. Dengan memanfaatkan program Geogebra sebagai media pembelajaran dapat membantu siswa dalam mempelajari konsep geometri. Versi terbaru dari Geogebra 5.0 dapat membantu siswa menyelesaiakan permasalahan geometri di sekolah. Dengan adanya program tersebut, siwa dapat lebih tertarik pada objek -- objek pemodelan atau contoh -- contoh kongkret (Akhirni & Mahmudi, 2015: 94).

Hasil penelitian yang dilakukan oleh Japa et al., (2017: 43) menyatakan bahwa siswa yang menerapkan model pembelajaran matematika realistic berbantuan media Geogebra lebih unggul dalam meningkatkan hasil belajar geometri dari pada model konvensional. Serupa dengan hasil penelitian yang dilakukan oleh Sari et al., (2019: 416) pembelajaran berbantuan Geogebra memiliki pengaruh positif terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa SMP dan software Geogebra dapat dimanfaatkan untuk menunjang proses belajar siswa dengan memberikan suasan baru dalam pembelajaran serta pembelajaran leboh efesien dan efektif. Selain itu pada penelitian Dewi et al., (2020: 56) menyatakan bahwa pembelajaran matematika berbantuan aplikasi Geogebra pada materi Transformasi Geometri  menyimpulkan bahwa siswa termotivasi dengan adanya penggunaan aplikasi tersebut, karena pembelajaran yang dikemas secara menarik melalui aplikasi Geogebra.

Dari pembahasan tersebut dapat disimpulkan bahwa software Geogebra dapat digunakan sebagai media pembelajaran matematika di sekolah karena dapat memberikan dampak positif terhadap hasil belajarnya. Dengan penggunaan Geogebra sebagai media pembelajaran siswa dapat lebih aktif serta lebih termotivasi dan tertarik dalam kegiatan belajar mengajar karena pembelajaran yang dikemas secara menarik dan berbeda.  

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun