Mulai Dari Diri
1. Apa yang Anda pikirkan tentang topik ini sebelum memulai proses pembelajaran?Â
Yang saya pikirkan sebelumnya berkaitan dengan topik pendekatan, strategi, metode dan teknik pembelajaran yang diterapkan sebagai scaffolding pada ZPD yaitu bagaimana cara menerapkannya kepada peserta didik dengan memperhatikan pendekatan, strategi dan lain sebagainya sehingga, scaffolding yang diterapkan pada ZPD dapat mencapai tujuan pembelajaran dengan keanekaragaman karakteristik, latar belakang peserta didik dan kemampuan yang dimiliki oleh setiap anak dalam satu kelas. Tentunya saya juga berfikir apakah pemahaman saya pada topik ini sudah cukup atau belum, oleh sebab itu saya juga berfikir untuk menambah pengetahuan berkaitan dengan scaffolding pada ZPD ini yang nantinya peserta didik dengan mudah memiliki pemahaman dari yang saya jelaskan.Â
Eksplorasi KonsepÂ
2. Apa yang Anda pelajari dari konsep yang Anda pelajari dalam topik ini?
Yang saya pelajari berkaitan dengan konsep pendekatan, strategi, metode dan teknik pembelajaran yang diterapkan Sebagai scaffolding pada ZPD di topik ini adalah bahwa sangat penting bagi kita seorang pendidik untuk menerapkan scaffolding pada ZPD, karena dengan kita mempelajari hal tersebut dan menerapkannya akan mempengaruhi perkembangan pendidikan pada peserta didik. Seorang guru peru untuk menjadi fasilitator pada peserta didik artinya, seorang guru perlu membimbing dan membantu peserta didik dalam mencapai tujuan sesuai dengan potensi yang dimiliki agar berkembang secara optimal. Dalam proses pembelajaran juga sangat penting bagi pendidik untuk memahami latar belakang, karakteristik dan kemampuan gaya belajar peserta didik agar mempu memberikan stimulus sesuai dengan kebutuhan peserta didik tanpa ada deskriminasi.
Ruang KolaborasiÂ
3. Apa yang Anda pelajari lebih lanjut bersama dengan rekan-rekan Anda dalam ruang kolaborasi?
Pembelajaran yang saya pelajari bersama dengan rekan-rekan di ruang kolaborasi yaitu,saya saling berdiskusi bersama dengan teman-teman untuk mempelajari lebih lanjut tentang pandangan masing-masing anggota kelompok terkait dengan pendekatan, strategi, metode dan teknik pembelajaran yang diterapkan sebagai scaffolding pada ZPD (Zone Of Proximal Development) dalam kegiatan pembelajaran. Dari diskusi inilah membantu saya untuk menambah pengetahuan berkaitan dengan scaffolding pada ZPD dari sudut teman-teman kelompok. Setelah melakukan diskusi kelompok, maka selanjutnya yaitu melakukan presentasi bersama dengan teman dan juga dosen pada tahap demontrasi kontekstual. Saya bersama dengan rekan-rekan dapat belajar bahwa pendekatan, strategi, metode dan teknik pembelajaran yang diterapkan sebagai scaffolding pada ZPD dalam mengajar dapat mempertimbangkan latar belakang peserta didik agar menciptakan pembelajaran yang efektif, selain itu pendidik juga perlu untuk memiliki keterampilan sosial.
 Demontrasi Kontekstual