Mohon tunggu...
Dinar Nurhayati Ramadhani
Dinar Nurhayati Ramadhani Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Saya adalah mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Upaya Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi Peserta Didik Materi Penjumlahan dan Pengurang Melalui Model Pembelajaran PBL

4 Oktober 2024   22:07 Diperbarui: 4 Oktober 2024   22:18 46
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan literasi numerasi peserta didik dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan literasi numerasi peserta didik peserta didik pada pembelajaran matematika materi penjumlahan dan pengurangan dengan menggunakan model pembelajaran Problem based learning (PBL) berbantu media pembelajaran TAKU (Tambah kurang) di kelas 2A SD Negeri Giwangan. Kemampuan literasi numerasi peserta didik masih rendah, hal ini berdasarkan hasil observasi yang telah peneliti laksanakan. Oleh karena itu, peneliti menggunakan model pembelajaran problem based learning (PBL) berbantu media pembelajaran TAKU (Tambah kurang) guna meningkatkan kemampuan literasi numerasi peserta didik. Penelitiaan ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas 2A SD Negeri Giwangan yang berjumlah 28 peserta didik. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini dengan observasi, tes serta dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data presentase ketuntasan pra siklus sebesar 75%, siklus 1 79% dan siklus 2 89%.Hasil PTK ini menunjukkan bahwa pembelajaran dengan model Problem based learning (PBL) berbantu media pembelajaran TAKU (Tambah Kurang) dapat meningkatkan kemampuan literasi numerasi peserta didik kelas 2A SD Negeri Giwangan

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun