Mohon tunggu...
Dina Putri Arum
Dina Putri Arum Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa

Hallo, perkenalkan saya Dina Putri Arum Setia saya sangat hobi menulis selain itu saya juga sangat suka belajar dengan hal yang baru untuk menambah wawasan saya. di sini saya juga dapat menungkan pengalaman yang pernah ada dalam hidup saya belajar menemukan apa yang belum pernah ada dalam hidup saya. dan belajar menulis adalah sesuatu yang sangat saya sukai.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pentingnya Bimbingan dan Konseling dalam Pembelajaran Anak Sekolah Dasar

25 April 2024   00:13 Diperbarui: 25 April 2024   00:14 57
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pendidikan anak usia sekolah dasar memerlukan perhatian khusus untuk memastikan pertumbuhan dan perkembangannya yang optimal. Salah satu pendekatan yang penting adalah melalui bimbingan dan konseling. Bimbingan dan konseling tidak hanya berfokus pada aspek akademis, tetapi juga membantu anak mengembangkan keterampilan sosial, emosional, dan penyesuaian diri yang penting bagi keseluruhan perkembangannya.

Dalam pembelajaran di sekolah dasar, setiap anak memiliki kebutuhan dan potensi yang berbeda. Melalui bimbingan dan konseling, guru dan konselor dapat mengidentifikasi kebutuhan individu setiap anak dan memberikan dukungan yang sesuai. Ini dapat berupa membantu anak mengatasi kesulitan belajar, mengembangkan keterampilan interpersonal, atau bahkan mengelola emosi dan stres. 

Selain itu, bimbingan dan konseling juga membantu meningkatkan motivasi dan minat belajar anak. Dengan memahami minat dan tujuan pribadi setiap anak, guru dan konselor dapat membantu menciptakan lingkungan belajar yang mendukung dan memotivasi mereka untuk mencapai potensi maksimalnya.

Maka, Bimbingan dan konseling memiliki peran yang sangat penting dalam pembelajaran anak sekolah dasar. Melalui pendekatan ini, setiap anak dapat mendapatkan dukungan yang mereka butuhkan untuk tumbuh dan berkembang secara holistik, sehingga menjadi individu yang lebih mandiri, percaya diri, dan siap menghadapi tantangan di masa depan.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun