Cilckbait merupakan penggunaan judul berita ataupun konten di media online yang dibuat semenarik mungkin untuk mengundang klik-tayang.Â
Clickbait juga bisa dikatakan adalah strategi media untuk mengajak serta membuka berita yang dibuatnya, kemudian setelah berita tersebut dibuka atau diklik, tentu saja media mendapatkan keuntungan dari pembaca tersebut.
Mungkin sering kita rasakan, ketika kita melihat berita atau konten dengan judul yang berlebihan pasti kita langsung ingin tahu banget, penasaran, kepo, kemudian kita klik dan membuka berita atau konten tersebut, itulah clickbait.
Clickbait mengundang banyak orang untuk berpandangan kritis terhadap suatu berita atau konten. Sebenarnya pandangan pro dan kontra terhadap judul berita atau konten clickbait sah-sah saja, karena bagi media ketika si pembaca meng-klik berita atau konten yang dibuatnya, maka tentunya akan mendapatkan keuntungan ekonomi, ini sesuai dengan undang-undang pers.
Namun kini, kita semua hidup dalam derasnya perkembangan teknologi, tentunya melek akan informasi, dan sayangnya yang sering kali ditemukan dari pemilihan judul clickbait adalah meranah kepada hal yang sangat merugikan. Penggunaan judul di media online kini jauh lebih banyak ditemukan yang menjebak, provokatif, jelas saja ini merupakan hal yang tidak sehat dari media.
Kebanyakan judul yang dibuat dalam berita ataupun konten begitu mengecewakan, karena menjanjikan nilai yang tidak sesuai dengan gambaran pembaca.
Judul berita atau konten dibuat semenarik mungkin untuk menarik minat pembaca dan ternyata isinya tidak relevan dengan judul tersebut, bahkan sangat jauh dari fakta aslinya. Tapi begitu banyak media di massa kini yang clickbait, tanpa memikirkan dampaknya kepada para pembaca, yang dipikirkan hanya rating dan view.
Kemungkinan, faktor utama maraknya clickbait di media massa kini karena persaingan yang kian ketat antarmedia untuk mendapatkan pembaca/viewers. Namun seharusnya, strategi mengatasi persaingan itu tidak menghalalkan segala cara.
Jika kita menjadi seorang penulis/jurnalis dalam sebuah media, berhati-hatilah dalam menyusun judul berita. Sejatinya, meskipun kita ingin meningkatkan ketertarikan para pembaca, jangan sampai keakuratan informasi yang kita berikan menjadi hilang.Â
Seimbanglah dalam menyusun judul, tidak jadi masalah jika ingin membuat judul yang menarik, namun jangan lupa, tentunya harus sesuai dengan isi ataupun realita yang terjadi.
Penulis: Dina Amalia
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H