Nama Dosen : Apollo, Prof. Dr, M.Si.Ak
Nama Penulis : Dimas Bayu Prasetyo
NIM : 42321010039
Kampus : Universitas Mercu buana Warung Buncit
Fakultas dan prodi : Fakultas Desain Seni Kreatif, Desai Komunikasi Visual
Kelas : Etik UMB Anti Korupsi
        Dalam kehidupan ini manusia hidup saling berkelompok seperti keluarga, teman, instansi, bahkan negara. Dalam hidup berkelompok ini penting sekali seorang ketua dan seorang pemimpin untuk memudahkan kita tetap di jalan yang dituju untuk mencapai suatu tujuan maupun kestabilan dalam hidup. Memilih seorang pemimpin juga tidak boleh asal -- asal kita harus tau latar belakang, sifat, dan banyak aspek lainnya yang harus ada di dalam diri seorang tersebut jika ingin jadi pemimpin. Menurut wikipedia Kepemimpinan adalah sebuah bidang riset dan juga suatu keterampilan praktis yang mencakup kemampuan seseorang atau sebuah organisasi untuk "memimpin" atau membimbing orang lain, tim, atau seluruh organisasi. Kenapa sih kita harus memiliki pemimpin apa sih fungsinya ? fungsi dari kepemimpinan diantara lain yaitu :
- Membentuk Ketangguhan
- Kepemimpinan berfungsi memimpin para anggotanya dengan bersikap tangguh dalam situasi yang memiliki banyak tekanan, masalah dan kegagalan yang datang dalam kehidupan sehari -- hari.
- Memberikan contoh yang baik
- Para pemimpin harus menerapkan sikap yang positif dan baik agar pengikutnya termotivasi untuk mencontoh perilaku pemimpin
- Mengambil Keputusan yang Tepat
- Pemimpin dapat membantu untuk mengambil keputusan yang tepat dan meminimalisir resiko dalam keputusan tersebut.
Selain dari yang disebutkan di atas masih banyak sekali fungsi yang didapat dari sebuah kepemimpinan. 3 poin diataslah sedikit contoh dari fungsi kepemimpinan. Kepemimpinan juga memiliki banyak jenis gayanya diantara lainnya ada kepemimpinan karismatik, otoriter, melayani, transformasional, situasional dan masih banyak lagi.
Dalam Forum quiz ke 7 ini kepemimpinan melayani (servant ) yang akan dibahas disini sebelum memasuki pembahasan ada baiknya kita mengetahui apa itu kepemimpinan gaya melayani. Kepemimipinan dengan gaya melayani adalah sebuah tipe model kepemimpinan yang memiliki gagasan bahwa tujuan pertama seorang pemimpin ialah untuk melayani anggotanya. Selain itu juga pemimpin harus selalu memberikan support kepada pengikutnya dalam mengembangkan sebuah keterampilannya. Kepemimpinan gaya melayani diketahui pertama kali dicetuskan oleh Robert K. Greenleaf dalam esainya "The Servant as Leader" pada tahun 1970.
Servant Leadership ini jika diterapkan dalam perusahaan akan sangat efektif karena kepemimpinan ini dapat menambahkan kedekatan antara perusahaan dengan karyawannya karena itu juga kepemimpinan gaya ini dapat membuat karyawan menjadi termotivasi untuk lebihi produktif dan lebih percaaya dengan perusahaannya.
Kepemimpinan gaya servant ini bisa kita lihat dari sebuah perusahaan Fedex yang dimana kepemimpinan ini sangat efektif dalam bekerja tim yang membuat para karyawannya termotivasi untuk bekerja secara tim. Sebelum memasuki lebih dalam ada baiknya kita mengenal profil fedex terlebih dahulu. FedEx Corporation adalah sebuah perusahaan jasa pengantaran multinasional yang berkantor pusat di Memphis, Tennessee, Amerika Serikat. Nama "FedEx" merupakan singkatan dari nama divisi udara perusahaan ini, yakni Federal Express, yang digunakan dari tahun 1973 hingga 2000. Fedex ini didirikan oleh Frederick W. Smith yang mempunyai tenaga kerja lebih dari 400. 000 anggota regu di segala dunia, yang membolehkan industri mengatasi lebih dari 10, 5 juta pengiriman tiap hari kerja ( FedEx, 2017). Pada tahun 2016 FedEx melampaui pemasukan $ 50 miliyar buat pertama kalinya ( FedEx, 2017). Tonggak keuangan ini mewakili kenaikan $ 2, 9 miliyar serta tingkatan perkembangan 6 persen dibanding tahun lebih dahulu ( FedEx, 2017).