Mohon tunggu...
Dimas Yuri Ramdhana
Dimas Yuri Ramdhana Mohon Tunggu... Lainnya - Editor dan Penulis Lepas

https://www.froyonion.com/news/potensi-diri/kejar-cita-cita-ala-charles-bukowski

Selanjutnya

Tutup

Foodie Pilihan

Ceu Mumun Sang Penyelamat

10 Juli 2023   07:58 Diperbarui: 10 Juli 2023   08:02 477
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Nona tak mau pergi ke cafe yang saya ajukan. Ia lebih memilih Warung Ceu Mumun, sebuah tempat makan Sunda di pinggir ibu kota.

"Bikin aku bahagia gampang. Nasi hangat sudah bikin bahagia."

Tentu saja saya turut bahagia mendengarnya. Warung Ceu Mumun yang berada di pinggir Jalan Karang Tengah, Lebak Bulus, Jakarta Selatan itu sudah menyelamatkan saya.

Ingin mengajaknya tinggal di desa, di sebuah rumah, di tengah-tengah sawah yang padi, beras, dan nasinya berlimpah. Tanaman-tanaman yang subur dan peternakan yang sederhana, namun cukup.

Warung Ceu Mumun tampak seperti warkop atau warteg di pinggir jalan, namun beda rupa. Ia kecil dan sederhana. Mobil hanya muat satu untuk parkir persis di depannya. Beruntung kami dapat tempat.

Nona membicarakan pecak nilanya. Pedas dan bumbunya yang ia suka.

Ia memilih menu itu dan saya memilih menu bawal bakar. "Ini juga enak." Nona menambahkan sambal tempe pada menu pesanan.

Di sela-sela menunggu pesanan, antara Mbak pramusajinya saling mengobrol bahasa Jawa. Kami berdua terkekeh karena Ceu Mumun itu kan nama Sunda, tapi malah dengar mereka berbahasa Jawa. Tidak masalah sih. Tidak apa-apa juga. Zaman sekarang sudah globalisasi dan tidak menutupi diri dari multidimensi, multisuku, dan multi-ideologi.

Siang hari, cuaca cerah, kehadiran pecak ikan dan ikan bakar dengan sambal sungguh menyenangkan selera. Meskipun cuaca panas saya tetap memesan teh tawar hangat, sedangkan Nona memesan es jeruk manis, "Es jeruknya jangan asam ya, Mbak."

Kami mulai menyantap dan mencoba masing-masing pesanan. Pecaknya itu wangi, sedikit asam segar, dan pedas. Pecak itu memang seharusnya menyegarkan. Bumbunya yang bertaburan di atas ikan dan sekitarnya juga enak dimakan begitu saja. Kuahnya ditaruh di atas nasi merupakan sebuah kemantapan. Nona puas melihat saya "keenakan" mencoba pecaknya. 

Kombinasi yang menarik juga ada pada ikan bawal bakar saya. Manis, kental, gurih, dan sambalnya pedas manis. Saya selalu suka wangi asap bakar yang ada di makanan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Foodie Selengkapnya
Lihat Foodie Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun