Mohon tunggu...
Dimas Obwid Robertus
Dimas Obwid Robertus Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Saya tertarik dengan banyak hal, seperti traveling dan makanan.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Mahasiswa KKN UNDIP Ajak UMKM Gunakan Digital Branding serta Lakukan Pencegahan Stunting di Kelurahan Patemon

12 Agustus 2022   18:24 Diperbarui: 13 Agustus 2022   12:24 91
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Saat ini kita sudah memasuki era yang serba digital nan canggih sehingga menyebabkan perubahan yang besar di dunia. Semua kegiatan saat ini telah dimudahkan dengan adanya akses internet. Informasi dapat diterima dengan cepat dalam genggaman kita. Hal itu juga berdampak pada sektor usaha atau dagang. Para pelaku usaha saat ini sedang berlomba-lomba melakukan digitalisasi pada produknya sehingga dapat lebih mudah dikenal oleh khalayak umum.

Mahasiswa peserta KKN Tim II Undip Tahun 2022, Dimas Obwid, memberikan edukasi menganai digital branding secara door to door kepada pelaku UMKM yang ada di RW 05, Kelurahan Patemon. Kegiatan ini mulai dilakukan pada hari Sabtu (23/7) dengan mendatangi pelaku usaha yang ada di RW 05, Kelurahan Patemon. Edukasi ini menggunakan poster sebagai media kreatif penyampaian pesan.

Poster dan edukasi yang disampaikan berisi mengenai seberapa pentingnya menggunakan digital branding pada era digital ini sebagai salah satu bentuk dari promosi produk yang dapat dilakukan. Mahasiswa juga menjelaskan mengenai beberapa tips dan trik yang dapat dilakukan dalam melakukan digital branding secara sederhana. Kemudian, mahasiswa juga memberikan saran mengenai hal yang harus dilakukan agar digital branding agar tetap terus berjalan dan memberikan solusi mengenai kendala yang dihadapi oleh pelaku UMKM RW 05 Kelurahan Patemon.

Dari hasil pembicaraan yang ada, pelaku UMKM RW Kelurahan Patemon sudah ada yang pernah melakukan digital branding pada usahanya. Namun, hal tersebut kurang dilanjutkan lagi karena adanya kendala yang berupa kurang pahamnya mengenai teknologi dan tidak fokusnya pelaku UMKM terhadap hal tersebut.

Diharapkan dengan diadakannya kegiatan edukasi ini, pelaku UMKM RW 5 Kelurahan Patemon dapat lebih memahami dan memanfaatkan digital branding untuk meningkatkan pemasaran produk. Selain itu, diharapkan agar pelaku UMKM dapat terus melakukan kegiatan digital branding ditengah era digitalisasi ini sehingga dapat maju bersaing dengan UMKM yang ada di daerah lainnya.

Kemudian,  diberikan juga kampanye mengenai cegah stunting melalui media sosial facebook kepada masyarakat yang ada di RW 05, Kelurahan Patemon. Kegiatan ini mulai dilakukan pada hari Sabtu (23/7) dengan mengupload postingan di facebook dan mendatangi perkumpulan PKK yang ada di RW 05, Kelurahan Patemon guna melakukan promosi mengenai sosial media yang ada.

Kampanye yang disampaikan berisi mengenai seberapa pentingnya mencegah stunting pada anak guna menjadikan anak tumbuh sehat. Mahasiswa juga menjelaskan mengenai beberapa fakta dan informasi dasar mengenai stunting. Kemudian, mahasiswa juga memberikan saran mengenai cara mencegah stunting yang mudah dilakukan oleh warga RW 05 Kelurahan Patemon.

Penulis: Dimas Obwid Robertus, Mahasiswa S1 Ilmu Komunikasi, Peserta KKN TIM II Universitas Diponegoro 2022.

Dosen Pembimbing Lapangan: Ir. Hermin Werdiningsih, MT.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun