Mulla Sadra, atau dikenal sebagai adr ad-Dn Muammad Shrz, adalah salah satu filsuf terbesar dalam sejarah filsafat Islam. Lahir pada 1571 di Shiraz, Iran, Mulla Sadra memadukan tradisi filsafat Yunani, mistisisme Islam, dan doktrin teologis untuk menciptakan sebuah kerangka teosofi transendental yang unik. Karya-karyanya membawa transformasi signifikan dalam pemikiran Islam, khususnya dalam bidang metafisika dan epistemologi.
Teosofi transendental yang diperkenalkan Mulla Sadra dikenal sebagai Hikmah al-Muta'liyah atau "Kebijaksanaan Transendental." Sistem filsafat ini mengintegrasikan elemen-elemen yang tampak berlawanan, seperti rasionalisme filsafat Peripatetik (Aristotelianisme), iluminasi (Ishraqi) Suhrawardi, dan sufisme Ibn Arabi. Melalui pendekatan ini, Mulla Sadra berupaya menjelaskan realitas sebagai satu kesatuan yang dinamis dan transenden, sekaligus mempertahankan aspek rasional dan spiritualnya.
Metafisika Wujud: Esensi Wujud Sebagai Inti Realitas
Konsep sentral dalam filsafat Mulla Sadra adalah doktrin Ashalat al-Wujud (prioritas wujud). Menurutnya, wujud (eksistensi) adalah realitas utama, sedangkan mahiyyah (esensi) hanyalah konstruksi mental. Berbeda dengan filsuf Peripatetik yang memisahkan wujud dan esensi, Mulla Sadra menegaskan bahwa wujudlah yang menjadi dasar segala sesuatu, sementara esensi hanyalah cara pikiran manusia memahami wujud.
Pemahaman ini mengantarkan Mulla Sadra pada konsep bahwa wujud bersifat bergradasi (tashkik al-wujud). Segala sesuatu di alam semesta ini memiliki tingkat wujud yang berbeda-beda, mulai dari benda-benda fisik hingga entitas spiritual tertinggi. Realitas tertinggi adalah Tuhan, yang merupakan wujud murni tanpa keterbatasan esensi. Dalam pandangan ini, Mulla Sadra menyatukan konsep teologi Islam dengan metafisika yang mendalam, memberikan cara baru untuk memahami hubungan antara Tuhan dan makhluk.
Gerak Substansial: Dinamika Realitas
Salah satu kontribusi paling orisinal dari Mulla Sadra adalah gagasan tentang gerak substansial (harakah al-jawhariyyah). Ia berpendapat bahwa perubahan tidak hanya terjadi pada sifat eksternal benda, tetapi juga pada substansi internalnya. Seluruh alam semesta, termasuk manusia, sedang berada dalam perjalanan transendental menuju penyempurnaan.
Gerak substansial ini juga menguatkan gagasan bahwa dunia material bukanlah realitas yang statis, melainkan sebuah proses yang terus berkembang menuju realitas yang lebih tinggi. Dalam konteks manusia, gerak substansial berarti jiwa manusia memiliki potensi untuk berkembang dan mendekat kepada Tuhan melalui penyucian diri dan perenungan.
Epistemologi: Pengetahuan Melalui Penyatuan
Dalam bidang epistemologi, Mulla Sadra menawarkan pendekatan yang sangat berbeda dari filsuf sebelumnya. Ia menekankan pentingnya pengalaman mistis dan intuisi sebagai cara untuk mencapai kebenaran tertinggi. Menurutnya, pengetahuan sejati bukanlah sekadar hasil abstraksi rasional, tetapi melibatkan penyatuan antara subjek (yang mengetahui) dan objek (yang diketahui).