Mohon tunggu...
dimasiqbal
dimasiqbal Mohon Tunggu... Guru - Mahasiswa S2 Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Surabaya

seorang guru di Surabaya dan Mahasiswa S2 Teknologi Pendidikan di Universitas Negeri Surabaya

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Tumbuhkan Motivasi Belajar Siswa dengan Asesmen yang Bermakna

29 Desember 2024   11:07 Diperbarui: 29 Desember 2024   11:07 30
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Salam Bahagia bapak ibu guru hebat! Bapak ibu pasti sudah tidak asing dengan istilah asesmen atau penilaian.  Asesmen adalah bagian yang tidak terpisahkan dari proses pembelajaran itu sendiri. Namun seringnya asesmen dianggap sebagai hal yang remeh sehingga dilakukan hanya untuk formalitas saja sebatas mendapatkan nilai dari siswa. Padahal tujuan dari asesmen sendiri lebih dari itu, selain mengukur capaian hasil belajar siswa, juga dapat digunakan sebagai bahan perbaikan proses pembelajaran, dan yang lebih menarik, ternyata asesmen yang tepat dapat memotivasi siswa untuk lebih semangat dalam belajar.

Dalam dunia pendidikan, asesmen memiliki peranan penting dalam mengukur kemampuan dan perkembangan siswa. Namun, seiring perkembangan metode pembelajaran, asesmen tidak lagi hanya berfungsi sebagai alat evaluasi, melainkan juga sebagai sarana untuk memotivasi siswa. Asesmen yang bermakna mampu mendorong siswa untuk belajar lebih aktif, kritis, dan kreatif. Artikel ini akan membahas bagaimana asesmen yang bermakna dapat menumbuhkan motivasi belajar siswa dan memberikan dampak positif terhadap proses pembelajaran di sekolah.

Pentingnya Asesmen dalam Pembelajaran

Mengapa asesmen penting di dalam pembelajaran, diantaranya adalah 1. untuk mengukur capaian siswa sesuai dengan tujuan pembelajaran, 2. Untuk mengidentifikasi kebutuhan belajar siswa dan intervensinya, 3. Untuk memberikan umpan balik tentang kemajuan proses belajar siswa, 4. Untuk mengevaluasi efektivitas metode pengajaran dan materi, dan 5. Untuk meningkatkan kualitas pembelajaran secara berkelanjutan.

 Sementara itu Kemendikbudristek dalam bukunya yang berjudul " Panduan Pembelajaran dan Asesmen Edisi Revisi 2024 " menjelaskan bahwa prinsip asesmen itu ada tiga antara lain 1. Asesmen harus bersifat adil artinya tidak membedakan latar belakang siswa, identitas, maupun kebutuhan khusus siswa, penilaian yang dilakukan tidak boleh bias, 2. Asesmen harus bersifat obyektif artinya asesmen berdasarkan data factual capaian dan hasil belajar siswa, dan 3. asesmen harus bersifat edukatif artinya asesmen harus mampu memberikan umpan balik dan memotivasi baik siswa maupun gurunya dalam melakukan proses belajar mengajar.   

Asesmen secara umum dibedakan menjadi dua yaitu asesmen formatif yang dilakukan selama proses pembelajaran, dan asesmen sumatif yang dilakukan setelah selesai proses pembelajaran. Asesmen formatif sendiri terdiri dari asesmen of learning yaitu asesmen yang diberikan guru kepada murid untuk melihat capaian siswa selama proses pembelajaran, hal ini bisa dalam bentuk tugas, quis, tanya jawab, diskusi dan lain sebagaianya, kemudian ada asesmen as learning yaitu asesmen yang melibatkan murid untuk menilai proses pembelajaran seperti penilaian diri sendiri, penilaian antar teman dan sebagainya. Yang terakhir adalah asesmen sumatif atau dikenal juga dengan asesmen for learning yaitu penilaian akhir untuk mengetahui capaian siswa setelah pembelajaran seperti Ujian Akhir Semester, Ujian Tengah Semenster dan sebagainya.  

Asesmen dalam pendidikan meliputi berbagai jenis evaluasi, mulai dari ujian tertulis, tugas proyek, presentasi, hingga portofolio. Tujuan utama dari asesmen adalah untuk mengukur pemahaman siswa terhadap materi yang telah diajarkan. Namun, asesmen yang efektif seharusnya tidak hanya berfokus pada hasil akhir, melainkan juga pada proses pembelajaran yang dilalui siswa.

Asesmen yang bermakna mendorong siswa untuk lebih memahami konsep daripada sekadar menghafal informasi. Selain itu, asesmen ini juga memberikan umpan balik yang konstruktif kepada siswa sehingga mereka dapat memperbaiki diri dan meningkatkan prestasi belajar mereka.

Karakteristik Asesmen yang Bermakna

  1. Kontekstual atau Relevan dengan Kehidupan Nyata
    Asesmen yang bermakna harus mencerminkan situasi atau masalah dunia nyata yang relevan dengan kehidupan siswa. Misalnya, siswa diminta membuat proyek penelitian tentang dampak sampah plastik di lingkungan sekitar. Tugas ini tidak hanya mengasah keterampilan penelitian tetapi juga menumbuhkan kesadaran sosial.
  2. Berpusat pada Proses Pembelajaran
    Fokus utama dari asesmen bermakna adalah proses, bukan hanya hasil akhir. Siswa diberikan kesempatan untuk mencoba, mengevaluasi, dan memperbaiki pekerjaan mereka selama proses belajar berlangsung. Hal ini menciptakan ruang bagi pembelajaran yang berkelanjutan.
  3. Mengukur Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi
    Asesmen yang baik dirancang untuk menguji keterampilan berpikir kritis, analitis, dan kreatif siswa. Contohnya, dalam mata pelajaran sains, siswa dapat diminta untuk merancang eksperimen sederhana dan menganalisis hasilnya.
  4. Umpan Balik yang Konstruktif
    Umpan balik yang jelas dan terarah membantu siswa memahami kekuatan dan kelemahan mereka. Hal ini juga memotivasi mereka untuk terus berkembang.

Dampak Positif Asesmen yang Bermakna
Asesmen yang dirancang dengan baik memiliki dampak yang signifikan terhadap motivasi belajar siswa. Beberapa dampak positif yang dapat dicapai meliputi:

  1. Meningkatkan Keterlibatan Siswa
    Ketika siswa merasa bahwa tugas yang diberikan relevan dan menantang, mereka akan lebih termotivasi untuk berpartisipasi aktif dalam pembelajaran.
  2. Mengembangkan Kemandirian Belajar
    Asesmen yang melibatkan proyek dan penelitian mendorong siswa untuk belajar secara mandiri. Mereka belajar untuk mengatur waktu, mengelola sumber daya, dan mencari informasi yang relevan.
  3. Meningkatkan Kepercayaan Diri
    Melalui umpan balik yang positif dan konstruktif, siswa merasa dihargai atas usaha mereka. Ini membangun rasa percaya diri dan semangat untuk terus belajar.
  4. Mendorong Kolaborasi
    Tugas kelompok yang melibatkan diskusi dan kerja tim membantu siswa mengembangkan keterampilan sosial serta kemampuan bekerja sama.

Strategi Menerapkan Asesmen yang Bermakna

  1. Merancang Soal yang Menantang dan Kontekstual
    Guru perlu menyusun soal atau tugas yang menuntut siswa berpikir kritis dan memecahkan masalah. Soal yang berbasis studi kasus atau simulasi kehidupan nyata sangat efektif untuk tujuan ini.
  2. Menggunakan Beragam Metode Evaluasi
    Kombinasi antara ujian tertulis, proyek, presentasi, dan diskusi kelompok dapat mengukur berbagai aspek keterampilan siswa secara lebih komprehensif.
  3. Memberikan Umpan Balik yang Personal
    Guru harus memberikan umpan balik yang spesifik, bukan hanya sekadar nilai angka. Dengan demikian, siswa dapat mengetahui area yang perlu diperbaiki.
  4. Mendorong Refleksi Diri
    Siswa perlu didorong untuk merefleksikan proses pembelajaran mereka. Hal ini bisa dilakukan dengan menulis jurnal belajar atau membuat portofolio yang mencatat perkembangan mereka.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun