Penulis     : Dimas Candra Aditya, S.Hum.
MULAI DARI DIRI - Apa yang Anda pikirkan tentang topik ini sebelum memulai proses pembelajaran?
Sebelum memulai proses pembelajaran pada topik bahasan ini, saya berpandangan bahwa beragam isu-isu yang muncul dalam penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran di Indonesia menandakan bahwa sitem pendidikan kita membutuhkan perbaikan dalam hal pengambilan keputusan dan kebijakan terkait dengan managemen dan kurikulum yang digunakan. Pengambilan keputusan dan kebijakan dalam sistem pendidikan Indonesia harus didasarkan pada berbagai perspektif sosial, budaya, ekonomi dan politik yang melatarbelakangi munculnya isu-isu atau permasalahan penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran di tanah air, baik dari sisi tenaga pendidik, peserta didik, maupun satuan pendidikan.
EKSPLORASI KONSEP - Apa yang Anda pelajari dari konsep yang Anda pelajari dalam topik ini?
Konsep yang saya pelajari dalam topik bahasan ini adalah penggunaan berbegai pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang tepat untuk mengatasi berbagai isu dan permasalahan yang muncul dalam penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran di Indonesia. Guru sebagai pemeran utama dalam menggerakkan roda pendidikan di tanah air terus berusaha mencari solusi dan perubahan atas permasalahan penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran yang kian kompleks. Hal ini dikarenakan berbagai latar belakang sosial, budaya, ekonomi, dan politik yang dimiliki oleh guru, peserta didik, maupun satuan pendidikan, sehingga sangat mempengaruhi kualitas pendidikan dan pembelajaran di Indonesia.
RUANG KOLABORASI -- Apa yang Anda pelajari lebih lanjut bersama dengan rekan-rekan Anda dalam ruang kolaborasi?
Saya dan rekan kelompok mempelajari lebih lanjut pengetahuan mengenai beragam isu-isu yang muncul berkaitan dengan prespektif sosial, budaya, ekonomi, dan politik yang menjadi asal muasalnya. Berbagai pendekatan, strategi, metode dan teknik pembelajaran yang diterapkan sebagai Scffolding pada zona perkembangan proksimal (ZPD) peserta didik dapat menjawab dan mengatasi yang permasalahan pendidikan dan pembelajaran. Menurut kami, Â isu-isu ini sangat penting untuk diperhatikan setiap faktor sosio-kultural memiliki dampak yang berbeda-beda terhadap proses pendidikan dan pembelajaran di sekolah. Misalnya, faktor sosial dan budaya dapat mempengaruhi nilai dan norma yang diterapkan di dalam kelas, sedangkan faktor ekonomi dapat mempengaruhi akses peserta didik terhadap sumber daya dan fasilitas pendidikan.Â
Dengan memperhatikan faktor-faktor tersebut, guru dapat merancang pembelajaran yang efektif dan sesuai dengan kebutuhan peserta didik sebagai bagian dari masyarakat setempat. Kami meyakini bahwa kesiapan mengajar dengan menjawab isu-isu atau persoalan penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran di sekolah dari perspektif sosial, budaya, ekonomi, dan politik, seorang guru mampu meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia melalui proses pembelajaran di sekolah.Â
Selain itu, kami juga mempelajari keberagaman sosial, budaya, ekonomi, dan politik peserta didik, sehingga rancangan pembelajaran yang akan kami terapkan dapat memfasilitasi minat dan potensi belajar peserta didik melalui pemenuhan kebutuhan belajarnya. Kami juga belajar cara memberikan motivasi terhadap peserta didik, agar mereka lebih percaya diri dan saling menghargai atas perbedaan latar belakang sosio-kultural dalam proses pendidikan dan pembelajaran di sekolah.
DEMONSTRASI KONTEKSTUAL - Apa hal penting yang Anda pelajari dari proses demonstrasi kontekstual yang Anda jalani bersama kelompok (bisa tentang materi, rekan, dan diri sendiri)?