Mohon tunggu...
Dimas Anggoro Saputro
Dimas Anggoro Saputro Mohon Tunggu... Insinyur - Engineer | Content Creator

"Bisa apa saja", begitu orang berkata tentang saya.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

JNE Turut Majukan Ekonomi Indonesia Melalui Dunia Kreatif

25 Juli 2023   16:07 Diperbarui: 25 Juli 2023   16:08 166
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
dokumentasi : JNE. 

"Pakeet!" suara yang seringkali dinantikan oleh orang-orang yang sudah memesan barang secara online. Saat mendengar kata "paket" tentu saja  tidak lepas dari sebuah perusahaan jasa ekspedisi yang sudah berusia 32 tahun dan gerainya tersebar ke penjuru Indonesia. Tidak hanya mengantarkan sebuah paket, perusahaan ekspedisi punya tagar Connecting Happiness yang tidak sekedar tagar saja. Siapa lagi kalau bukan JNE yang setia mengantarkan paket ke depan rumah kamu.

Belum lama ini, tepatnya pada tanggal 10 Juli,  JNE melaksanakan Awarding Content Competition 2023 bersama penyelenggara kompetisi Kumparan di Rumah Wijaya Deep Space, Jakarta Selatan. Sebelum menyelenggarakan awarding, tentunya pemenang  sudah diumumkan lebih dulu melalui situs Kumparan, JNEWS Online dan Instagram resmi JNE pada tanggal 4 Juli 2023.

Mengusung tema "Semangat Bergerak Bangkit Bersama", penyelenggaraan Content Competition ini ternyata sudah memasuki ke 10 kalinya. Tema sekarang ini dapat diartikan sebagai progress, pertumbuhan, pergerakan dan perjalanan perusahaan. Lewat tema tersebut, harapannya adalah JNE Bangkit Bersama dapat menebarkan energi positif dan optimisme bagi masyarakat Indonesia supaya  terus maju, adaptif dalam berkarya, dan mampu berinovasi dalam berbagai kolaborasi.

JNE Content Competition menghasilkan 48 pemenang, dengan 4 kategori yang diundang untuk menghadiri acara awarding di Jakarta. Acara tersebut juga menghadirkan 4 dewan juri yaitu, Maman Suherman, Martha Suherman, dan Ario Anindito, serta dipandu oleh MC Ario Astungkoro.

Ternyata JNE Content Competition sudah berlangsung dari tahun 2011. Sampai tahun ini jika ditotal sudah ada 3000 peserta dengan 6.300 karya dari seluruh Indonesia. Karya-karya ini merupakan inovasi untuk masyarakat luas. Kemudian pada tahun ini terdapat 2 kategori baru yaitu untuk mahasiswa dan pelajar. Tujuan diadakannya 2 kategori baru pada Content Competition adalah untuk memotivasi dan memberikan hasil karya yang berbeda.

Selain menghadirkan para juri, dalam awarding kali ini turut hadir Bapak Joshua Puji Mulia Simanjuntak selaku Staff Khusus Menteri Bidang Produktivitas, Nilai Tambah Kekayaan Intelektual dan Daya Saing, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Bapak M. Feriadi Soeprapto selaku Presiden Direktur JNE, Bapak Eri Palgunadi selaku Marketing Group Head JNE.

Menurut Joshua Simanjuntak, Staff Khusus Menteri Bidang Produktivitas, Nilai Tambah Kekayaan Intelektual dan Daya Saing, beliau mengapresiasi sebesar-besarnya kepada JNE karena sudah menyelenggarakan Content Competition yang ke 10 kalinya  dengan sangat luar biasa. Walaupun JNE adalah sebuah perusahaan logistik, tetapi  memberikan perhatian kepada dunia kreatif lewat berbagai kategori yang dilombakan seperti literatur, foto, design, dan video. Harapannya hasil lomba tersebut akan memberikan inspirasi kepada masyarakat luas.

Sementara itu menurut Marketing Group Head JNE, bapak Eri Palgunadi, JNE yang tadinya hanya sekedar mengirim paket, sekarang menjadi sebuah penghubung kebahagiaan. Ya tentu saja sesuai dengan tagline Connecting Happiness, yang harus dirayakan agar bisnis menjadi kreatif. JNE yang sudah lama malang melintang di dunia logistik tentu saja berkomitmen untuk mendukung industri kreatif, yang menjadi sumbangan untuk kemajuan bangsa.

JNE juga terus berkomitmen untuk berkontribusi secara nyata melalui sejumlah langkah bisnisnya demi kemajuan perekonomian Indonesia.  Dalam perjalanannya JNE tidak sendirian, namun melangkah bersama pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), pelanggan, dan berbagai mitranya di penjuru negeri. Melalui berbagai terobosan-terobosannya, JNE bisa bekerjasama dengan para stakeholder dan pemerintah. Hal ini dilakukan agar JNE terus mendukung logistik, untuk berkontribusi kepada para pelaku ekonomi kreatif yang lebih kompetitif.

Cerita dari Para Pemenang Content Competition JNE 2023

Rasanya kurang lengkap kalau tidak melihat cerita dari para pemenang Content Competition JNE 2023. Nah berikut ini adalah cerita dari beberapa pemenang konten dari berbagai kategori yang dilombakan. Untuk kategori foto Juara 1 dimenangkan oleh karyawan JNE Medan yang bernama Abdihil Muklis. Dalam kehadirannya melalui zoom, Kak Abidhil sangat bersyukur mendapatkan juara 1 di kategori foto. Pada tahun sebelumnya, kak Abdihil juga mendapatkan juara 1 di kategori design, harapannya di tahun depan bisa menjajal kompetisi di kategori lainnya.  Dari sini terlihat bahwa menjadi karyawan JNE pun masih bisa berkarya dan berkompetisi di dunia kreatif ya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun